hut

Kekeringan Melanda 11 Provinsi dan 109 Kabupaten di Indonesia

Editor: Mahadeva

Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo - Foto M Hajoran Pulungan

JAKARTA – Kemarau yang berkepanjangan telah menyebabkan 11 provinsi dan 109 kabupaten, tercatat per 11 September 2019 mengalami kekeringan.  Ke-11 provinsi tersebut adalah, Sumatra Barat, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTB, Sulawesi Selatan dan Maluku.

“Sampai saat ini tercatat ada 11 wilayah provinsi yang terdampar kekeringan akibat musim kemarau. Ada 109 kabupaten, 844 kecamatan, 2.945 desa dan kelurahan. Sementara untuk status darurat ada empat kabupaten dan 31 kabupaten siaga darurat,” kata Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo, Rabu (11/9/2019).

Agus menyebut, untuk Provinsi Sumatra Barat tercatat ada satu kota yang mengalami kekeringan. Kondisi tersebut terjadi di empa desa yang berada di satu kecamatan. Di Jawa Barat, tercatat ada 19 kabupaten dan kota yang mengalami kekeringan. Kekeringan tersebar di 143 kecamatan dan 166 desa. Dan ada satu kabupaten di Jawa Barat yang dinyatakan siaga darurat.

Di Provinsi Banten, tercatat ada satu kabupaten dengan tiga kecamatan dan tiga desa yang mengalami kekeringan. Provinsi Jawa Tengah, tercatat ada 31 kabupaten dan kota mengalami kekeringan, yang tersebar di 231 kecamatan dan 917 desa. “Ada tiga kabupaten yang dinyatakan tanggap darurat dan tujuh kabupaten siaga darurat,” ujarnya.

Sementara di Daerah Istimewa Yogyakarta, ada dua kabupaten dan kota yang mengalami kekeringan. Bencana tersebar di 23 kecamatan dan 85 desa, dengan satu kabupaten berstatus siaga darurat. Sedangkan di Jawa Timur, ada 26 kabupaten dan kota yang mengalami kekeringan. Ada 196 kecamatan dan 588 desa yang dilaporkan mengalami kekeringan, dengan satu kabupaten tanggap darurat dan 14 kabupaten dan kota siaga darurat.

Bali mengalami kekeringan di tuga kabupaten dan kota. Kekeringan terdapat di 13 kecamatan yang tersebar di 26 desa. NTB tercatat ada sembilan kabupaten dan kota yang mengalami kekeringan. “Di NTB ada 69 kecamatan di 302 desa kekeringan, dengan tujuh kabupaten yang status siaga darurat,” ungkapnya.

Di NTT, ada 15 kabupaten dan kota yang mengalami kekeringan. Tersebar di 162 kecamatan dan 848 desa. Ada satu kabupaten siaga darurat. Di Provinsi Sulawesi Selatan, ada satu kabupaten mengalami kekeringan dengan satu kecamatan dan dua desa yang dilaporkan kekeringan. Di Maluku, tercatat ada satu kabupaten yang melaporkan kekeringan. Kesulitan air terjadi di dua kecamatan dan empat desa.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!