hut

Kemarau, Orang Tua Diajak Perhatikan Kesehatan Anak

Editor: Mahadeva

LAMPUNG – Orang tua di Kecamatan Panengahan, Lampung Selatan,  diminta meningkatkan perhatian terhadap kesehatan anak. Peran orang tua sangat penting untuk menjaga kesehatan anak selama kemarau.

Yani Widowati, Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan (Lamsel) menyebut, saat kemarau potensi penyebaran virus dan penyakit di lingkungan sangat tinggi.  Salah satu yang disarankan untuk membantu menjaga kesehatan anak adalah, melakukan aktivitas fisik. Kemudian, memberi makanan bergizi terbaik bagi anak-anak.

“Peranan tenaga pendidik, agar menganjurkan kepada orang tua untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat kemarau. Anak dianjurkan membawakan bekal ke sekolah sejak dini,” ungkap Yani Widowati kepada Cendana News, Jumat (20/9/2019).

Ernawati (kiri) bunda PAUD Desa Pasuruan dan Yani Widowati (kanan) bunda PAUD Kecamatan Penengahan dalam kegiatan olahraga dan Gernasbaku di TK PGRI Pasuruan, Jumat (20/9/2019) – Foto Henk Widi

Sekolah juga diminta membuat kegiatan fisik, seperti kreasi dari TK PGRI dan SDN 1 Pasuruan yang menggelar senam melibatkan klub Senam Jantung Sehat (KJS). Bunda PAUD Desa Pasuruan, Ernawati, menambahkan, orang tua berperan penting untuk menjaga kesehatan anak. Salah satu kegiatan positif yang dapat diarahkan untuk anak adalah, seni tari. “Aktifitas fisik saat ini dalam sejumlah kegiatan bisa dikombinasikan dengan seni tari, ini menjadi alternatif selain olahraga,” tutur Ernawati.

Selain senam, orangtua juga diharapkan mengajak anak membaca buku. Kegiatan Gerakan Basional Baca Buku (Gernas Baku) menjadi salah satu cara untuk mengajak anak membaca buku. Dengan membaca anak menjadi memiliki pengetahuan dan mendapatkan tambahan wawasan,

Lihat juga...