hut

Kepala BNPB Terjun Langsung Padamkan Karhutla di Riau

Editor: Mahadeva

YOGYAKARTA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, terjun langsung ke lapangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau, Rabu (11/9/2019).

“Pak Doni Monardo beserta rombongan yang terdiri dari Kapala BPBD Riau, Edward, Danrem Pekanbaru, Brigjen Fadjar, Tenaga Ahli BNPB Mayjen Pur Komaruddin Simanjuntak dan Egy Massadiah, mendarat di lapangan Desa Kerumutan setelah terbang selama 1,5 jam menggunakan helikopter dari Bandara Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Riau,” kata Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo di Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Sepanjang perjalanan, Kepala BNPB menyaksikan langsung dua helikopter water bombing yang melakukan penyiraman pada sejumlah titik api dengan asap tebal. “Pada saat yang sama, rombongan kemudian dikejutkan dengan adanya sejumlah kilang pompa minyak milik Pertamina yang hanya berjarak kurang dari 40 meter dari sumber api Desa Kerumutan. Ini sangat membahayakan, karena ada sumur minyak yang jika tersambar api dapat menimbulkan kebakaran fatal,” ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut, mantan Komandan Jenderal Kopassus itu turut serta memadamkan api yang dibantu aparat TNI Polri, BPBD, Manggala Agni di sekitar lokasi sumur minyak Pertamina dan sumber api sekitarnya.

Sementara itu, data dari  BMKG, Rabu (11/9/2019) dari pantauan satelit Terra/Aqua, jumlah titik panas di Riau masih cukup banyak. Pada level confidence 50 persen, di Sumatera terpantau titik panas ada sebanyak 1.211. Dari jumlah itu, di Provinsi Sumsel terdapat 305 titik, Jambi 496 titik, Babel 77 titik, Lampung 423 titik, Sumut 10 titik, Kepri 11 titik, Bengkulu satu titik dan Riau 258 titik.

Selanjutnya pada level confiden 70 persen, di Riau terdeteksi titik panas sebanyak 116 lokasi. Ini tersebar di Kabupaten Pelalawan 32 titik, Rohil 16 titik, Rohul dua titik, Inhil 94 titik, Inhu satu titik, Kampar dua titik, Bengkalis dua titik.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!