hut

Ketua Agupena Flores Timur Menjadi Peserta Residensi Terbaik 2019

Editor: Mahadeva

LARANTUKA – Maksimus Masan Kian, Ketua Asosiasi Guru Penulis Indonesia (AGUPENA) Cabang Kabupaten Flores Timur, terpilih menjadi Peserta Residensi Penggiat Literasi Terbaik Tahun 2019. 

Atas raihan prestasi tersebut, Dia diundang khusus mengikuti Festival Literasi Indonesia Tahun 2019, untuk menerima penghargaan atas prestasi tersebut. “Sebelumnya pada Juli 2019, diadakan kegiatan Residensi Penggiat Literasi di sembilan tempat se-Indonesia,” sebutnya, lelaki yang akrab disapa Maksi tersebut, Kamis (5/9/2019).

Maksimus Masan Kian, pembimbing literasi SMPN 1 Lewolema. -Foto: Ebed de Rosary

Evaluasi kegiatan residensi melakukan penilaian berdasarkan keaktifan peserta, gagasan inovatif yang disampaikan, tulisan yang dihasilkan, dan publikasi yang dilakukan oleh peserta. Keikutsertaan Maksi dalam kegiatan residensi, mengalir begitu saja. Dia mendapat lokasi kegiatan residensi di Manado, Sulawesi Utara. “Ternyata, ada penilaian yang dilakukan oleh penyelenggara. Saya tidak menduga terpilih sebagai Peserta Terbaik Residensi 2019,” kata Maksi.

Sebagai guru kampung Maksi merasa bangga mendapat banyak ruang belajar seputar dunia literasi di 2019 ini. Setiap momentum, menciptakan jejaring baru, pengalaman baru, dan banyak hal baru yang inspiratif, selalu akan dijalankannya.

Ruang saling belajar menjadi begitu terbuka. Saling berbagi, menguatkan, mendukung dan menginspirasi dalam gerakan bersama. Hal itu menjadi asupan yang bergizi mendukung upayanya menyosialisasikan literasi di Flores Timur.

Festival Literasi Indonesia Tahun 2019, diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hadir sebagai peserta, Apresiasi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kreatif -Rekreatif, Pemenang Lomba Menulis Praktek Baik Literasi Masyarakat serta  Pemenang Lomba Video Literasi Masyarakat. Pemenang Lomba Foto Literasi Masyarakat, Forum TBM, Forum Tutor, Penyelenggara Residensi 2019, Peserta Residensi Terbaik 2019, Pengelola TBM Sulawesi Selatan, Forum TBM Wilayah Propinsi, dan Penggiat Wilayah.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!