hut

Ketua DPRD Purbalingga Ajak Anggota Bersatu Demi Rakyat

Editor: Koko Triarko

PURBALINGGA – Pascadilantik menjadi Ketua DPRD Purbalingga, HR Bambang Irawan, SH., mengajak seluruh pimpinan dan anggota DPRD untuk bersatu memperjuangkan kepentingan rakyat. Menurutnya, meskipun berlatar belakang dari partai politik yang berbeda, namun dalam menjalankan tugas di DPRD, semua harus mendasarkan pada kepentingan rakyat.

“Setelah pelantikan ini, maka tugas berat sudah menunggu kita, jadi mari kita semua bersatu untuk menjalankan amanah yang diberikan rakyat Purbalingga, yaitu menjalankan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan,” katanya, Rabu (25/9/2019).

Lebih lanjut Bambang mengatakan, pihaknya sangat memahami jika anggota DPRD memiliki latar belakang yang berbeda, dan mengemban tugas dari masing-masing partai politik pengusungnya. Namun, ia berharap perbedaan tersebut tidak menjadi kendala, sebaliknya justru bisa diolah menjadi kekuatan besar yang bisa menggerakkan semangat pengabdian kepada masyarakat.

“Dalam demokrasi yang sehat, kita boleh berbeda pendapat, namun tidak boleh terpecah belah. Ada masanya kita berdebat, ada masanya barisan kita merapat,” tuturnya, dalam sambutan usai pelantikan.

Sementara itu, komposisi pimpinan DPRD Kabupaten Purbalingga masa jabatan 2019-2024 yang baru saja diambil sumpahnya oleh ketua Pengadilan Negeri Purbalingga, Rabu (25/9), di Ruang Rapat DPRD, terdiri dari empat orang, yaitu H R Bambang Irawan, SH., sebagai ketua dan tiga orang wakil ketua, yaitu Aman Waliyudin, Tenny Juliawati, SE., dan H Adi Yuwono.

Sekretaris DPRD Kabupaten Purbalingga, Tri Gunawan Setyadi, menyampaikan, berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2018, tentang Perubahan ke dua atas UU No. 17/2014 tentang MPR DPR DPD dan DPRD, Pimpian DPRD ditentukan berdasarkan urutan perolehan kursi terbanyak di DPRD Kabupaten/kota.

Berdasarkan UU tersebut, maka ketua DPRD Kabupaten ialah berasal dari partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama. Sedangkan wakil ketua DPRD berasal dari parpol yang memiliki suara terbanyak kedua, ke tiga dan ke empat.

Di DPRD Purbalingga, parpol yang memperoleh kursi terbanyak adalah PDIP, disusul PKB, Partai Golkar dan Partai Gerindra.

Setelah melalui berbagai mekanisme yang telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan, maka Gubernur Jawa Tengah menerbitkan Surat Keputusan (SK) No. 170.97/ 2019, tentang Peresmian Pimpinan DPRD Kabupaten Purbalingga masa jabatan 2019 – 2024.

Lihat juga...