hut

Ketua MK Pimpin Pelepasan Jenazah BJ Habibie

Sejumlah prajurit Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengangkat peti jenazah dari almarhum Presiden ke-3 RI, BJ Habibie menuju mobil ambulans di Rumah Jenazah Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/10/2019). -Foto: Ant

JAKARTA – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, memimpin langsung upacara pelepasan jenazah Presiden RI ke-tiga BJ Habibie, di kediamannya Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

“Seperti kita ketahui bahwa pada Rabu 11 September 2019 pukul 18.05 WIB telah meninggal dunia dengan tenang almarhum Prof Dr Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie di RSPAD karena sakit,” ungkap Anwar Usman, saat memimpin upacara penyerahan jenazah kepada negara di Jakarta.

Setelah upacara penyerahan selesai, jenazah langsung dibawa ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan untuk dimakamkan secara militer. Pada kesempatan tersebut, Anwar Usman atas nama pemerintah menyampaikan rasa belasungkawa sedalam-dalamnya atas wafatnya BJ Habibie di usia 83 tahun.

Pada upacara penyerahan jenazah, Thareq Kemal Habibie, tampak menjadi perwakilan keluarga untuk menyerahkan secara langsung almarhum kepada pemerintah.”Saya atas nama keluarga menyerahkan jenazah almarhum Prof Dr Ing Bacharuddin Jusuf Habibie kepada pemerintah untuk dimakamkan di TMP Kalibata dengan upacara militer,” kata Thareq.

Sementara itu, masyarakat terlihat antusias menyaksikan upacara pelepasan jenazah Presiden ketiga RI BJ Habibie dari rumah duka ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Warga tampak berbaur bersama wartawan, untuk mengabadikan momen pelepasan jenazah Habibie melalui telepon genggam. “Selamat jalan pak Habibie,” ujar sejumlah warga ketika jenazah Habibie akan dimasukkan ke dalam mobil jenazah.

Dari kerumunan warga tampak seorang vlogger ikut mengabadikan upacara pelepasan jenazah Habibie dengan telepon genggam sambil memberikan penjelasan khas vlogger. “Saat ini jenazah pak Habibie mau dimasukkan ke mobil ambulans guys. Sudah mau berangkat ke makam nih guys,” ujar vlogger tersebut berbicara dibalik kamera telepon genggamnya.

Salah seorang warga perempuan juga ada yang tampak melemparkan rangkaian bunga ke mobil ambulans yang membawa jenazah Habibie sebagai wujud penghormatan. “Selamat jalan pak,” ujar warga tersebut.

Jenazah BJ Habibie dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta, Kamis siang. Proses pemakaman digelar dengan upacara militer yang dipimpin Presiden Jokowi. BJ Habibie dimakamkan di sebelah makam mendiang istrinya, Ainun Habibie. (Ant)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!