hut

Komitmen Losari Manfaatkan PADes untuk Kesejahteraan Masyarakat

Editor: Mahadeva

Perangkat Desa Losari, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga di depan kantor desa, Senin (16/9/2019) -FOTO : Hermiana E.Effendi

PURBALINGGA – Desa Losari, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, mencoba untuk terus berbenah diri. Semangat kepala desa yang baru dilantik beberapa waktu lalu sangat terasa.

Di bawah kendali kepala desa baru, desa ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) sepenuhnya. Dengan jumlah penduduk 8.067 jiwa, Desa Losari bertekad untuk mengakselerasi pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Pertama yang akan kita lakukan adalah, mulai mengolah sampah sendiri. Dari yang saya pelajari, jika dikelola dengan baik, sampah bisa mendatangkan penghasilan, artinya desa bisa mendapatkan tambahan PAD dari pengolahan sampah. Dan untuk pengolahan sampah ini akan mulai dilakukan tahun depan, sekarang kita sedang mempersiapkan konsepnya,” terang Kades Losari, Harwanto, Senin (16/9/2019).

Untuk rencana pengolahan sampah, sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Kegiatannya mendapatkan kucuran anggaran mulai 2020 mendatang. Selain untuk mengatasi permasalahan sampah, pengolahan juga bertujuan untuk meningkatkan pendapatan desa. Hal lain yang juga menjadi perhatian pemerintah desa adalah, keberadaan lapangan desa. Desa mempunyai komitmen untuk membangun lapangan sepak bola bertaraf internasional di desa tersebut.

Keberadaan lapangan sepak bola, diyakini mampu mendongkrak PADes cukup signifikan. Hal itu, mengingat sepak bola merupakan olah raga yang sangat digemari. Dan setiap pertandingannya selalu ramai penonton. “Jika desa kami bisa menyelenggarakan atau menjadi tempat berlangsungnya pertandingan sepak bola kelas nasional saja, maka sudah pasti akan mendongkrak perekonomian warga desa. Karena itu, kita berani memasukan rencana pembangunan lapangan sepak bola bertaraf internasional dalam RPJMDes,” terangnya.

Setelah itu, berbagai pembangunan akan mengikuti, seperti pembangunan lapangan futsal, kolam renang serta pembenahan berbagai macam fasilitas wisata di desa tersebut. Semua dilakukan secara bertahap, namun berkesinambungan selama dua tahun ke depan.

Harwanto berkeyakinan, jika semua program tersebut berjalan, maka peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Losari akan meningkat dengan sendirinya. Semua program yang mempersiapkan Losari menjadi desa mandiri tersebut, juga mendapat dukungan penuh dari perangkat desa setempat serta Pemkab Purbalingga.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, menyatakan, sangat mendukung langkah-langkah Desa Losari dengan berbagai program yang dirancang. Hal itu dikarenakan, program yang disusun memiliki tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Pemkab siap memberikan dukungan, namun tunjukan dulu kalau masyarakat dan pemerintah desanya benar-benar berkomitmen tinggi pada program yang direncanakan,” pungkasnya.

Lihat juga...