hut

KSOP Bersihkan Sampah di Kawasan Pelabuhan BBJ Lampung Selatan

Editor: Mahadeva

LAMPUNG – Meningkatnya volume sampah di perairan Indonesia, mengundang keprihatinan banyak pihak. Sejumlah unsur ikut mendorong pengurangan volume sampah plastic, dengan rutin membersihkan area pantai termasuk di area di sekitar pelabuhan.

Tatang Rohadi, Manager Eksternal PT Bandar Bakau Jaya (BBJ) menyebut, pelabuhan penyeberangan swasta itu berkomitmen ikut menjaga kebersihan kawasan perairan. Sejumlah kotak sampah terbuat dari drum dan petugas kebersihan, imbauan larangan membuang sampah, telah disiapkan manajemen pelabuhan di seluruh area pelabuhan. Dan pelabuhan menyediakan kendaraan operasional pengangkut sampah untuk membawa sampah ke lokasi pembuangan akhir.

Tatang Rohadi,Manager Eksternal PT Bandar Bakau Jaya saat kegiatan bersih laut dan pantai dalam rangkaian hari perhubungan laut, – Foto Henk Widi

Keberadaan sampah plastik yang terdampar di perairan pelabuhan BBJ, disebutnya, berasal dari sungai dan arus laut. Keberadaan Sungai Muara Bakau dan sungai kecil, arusnya membawa sampah mengalir ke laut. “Pelabuhan kami ikut mendukung upaya menjaga kebersihan perairan laut terutama dengan pengurangan sampah plastik yang bisa berimbas pada kerusakan ekosistem laut,” ungkap Tatang Rohadi kepada Cendana News, Kamis (12/9/2019).

Selama ini, bersih laut dan pantai rutin dilakukan, meski volume sampah plastik masih belum bisa dikurangi. Kamis (12/9/2019), Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan menggelar kegiatan bersih laut dan pantai di area pelabuhan BBJ Bakauheni. Kegiatan melibatkan berbagai unsur, bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional 2019. “Sampah yang ada di pelabuhan yang dibersihkan untuk menjadi evaluasi bagi pelabuhan, untuk mendukung upaya pembersihan laut dan pantai,” tuturnya.

Iwan Syahrial, kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Bakauheni menyebut, kegiatan bersih pantai dilakukan serentak di Indonesia. Kegiatan bersih laut dan pantai oleh KSOP Bakauheni, digelar di pelabuhan BBJ dan pelabuhan ASDP Indonesia Ferry.

Upaya pembersihan laut dan pantai, menjadi upaya pelabuhan mengurangi sampah plastik di kawasan perairan. Kegiatan digelar di pelabuhan penyeberangan, agar ikut berkonstribusi pada kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Kontribusi pelabuhan pada upaya pembersihan laut dan pantai disebutnya, harus selalu digencarkan. Operator kapal juga diimbau menyiapkan kotak sampah di kapal, agar penumpang tidak membuang sampah ke laut.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!