Mahasiswa Unibraw Juara Pertama Lomba Inovasi Ewindo

JAKARTA — Mahasiswa dari Universitas Brawijaya Malang Jawa Timur berhasil meraih peringkat pertama lomba inovasi PT East West Seed Indonesia (Ewindo) bertajuk Panah Merah Innovation Award (PMIA) 2019.

“Setelah memasuki tahap seleksi dan proses penjurian yang ketat selama 3 bulan yakni sejak bulan Juli hingga bulan September 2019, sebanyak 10 peserta dari 50 perguruan tinggi nasional tim juri menetapkan Universitas Brawijaya sebagai pemenang,” kata Deputy Human Resources Director PT Ewindo, Fransiska Fortuna selaku penasihat PMIA 2019 di Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Fransiska yang didampingi Seed Research Manager PT Ewindo, Nur Fajrina menjelaskan tim dari Universitas Brawijaya berhasil memenangkan juara pertama untuk karya Sistem Budidaya Lalat Hitam Terintegrasi sebagai Upaya Pengelolaan dan Pengurangan Limbah Sampah Organik melalui Pemberdayaan Relawan Sampah TPST Desa Sitirejo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

Sedangkan juara kedua berasal dari Universitas Indonesia untuk karya Teman Tani: Solusi Inklusif Layanan Asuransi Mikro Terintegrasi Sektor Pertanian.

Serta ketiga dari Institut Pertanian Bogor untuk karya DROPYS (Dual Reactor Portable for Pyrolysis): Pemanfaatan Limbah Anorganik dan Limbah Organik Menjadi Bahan Bakar dan Pengawet Makanan.

Fransiska mengatakan sangat senang dan berterimakasih kepada para peserta yang sudah ikut berpartisipasi. Hal ini bisa menunjukkan banyaknya generasi milenial yang peduli dengan sektor pertanian nasional.

Pada penyelenggaraan yang ketiga kalinya ini animo para peserta masih sangat besar. Terbukti dari jumlah tulisan yang masuk mencapai lebih dari 110 yang berasal dari 50 perguruan tinggi negeri dan swasta dari seluruh Indonesia ikut berpartisipasi.

Lihat juga...