hut

MCU Geriatri Solusi Kontrol Kesehatan Lansia

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Masa Lanjut Usia adalah saat seseorang sudah harus lebih peduli dengan kondisi kesehatannya. Dan untuk hal tersebut, beberapa fasilitas kesehatan, sudah menyiapkan Medical Check Up (MCU) khusus bagi para lansia. 

Kepala OHC RS Yarsi, dr. Edi Alpino, MKK, menyebut, ada sekira 20 juta lansia di Indonesia. “Lansia yang sudah berumur diatas 60 tahun, kita sebut Geriatri. Jadi, MCU untuk mereka adalah MCU Geriatri, yang memiliki kekhususan, sesuai dengan kondisi para lansia. Dengan rentangnya setahun sekali. Tapi kalau memang ada yang spesifik, maka kita minta untuk enam bulan sekali,” kata Edi saat ditemui Cendana News, melakukan MCU Geriatri untuk para veteran di RS Yarsi Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Pada masa Geriatri, biasanya manusia akan mengalami penurunan fungsi organ. Hal tersebut bersamaan dengan pertambahan usia. Permasalahan yang muncul biasanya hipertensi, penyakit generatif, jantung, diabetes, stroke. Kemudian, kelebihan berat badan. Dan tidak tertutup kemungkinan pada ginjal dan liver. “Bahkan tidak jarang, ada juga dementia,” ungkap Edi.

Kepala OHC RS Yarsi dr. Edi Alpino, MKK, saat ditemui Cendana News, Kamis (12/9/2019) – Foto Ranny Supusepa

Dementia, adalah terjadinya penurunan daya ingat dan penurunan kefokusan pada suatu kegiatan. “Pada MCU Geriatri ini, kita akan melakukan assesment terlebih dahulu untuk mengetahui, kondisi yang sudah mereka alami dan terapi atau pengobatan yang sudah mereka dapatkan,” ujar Edi.

Jika sudah mendapatkan pengobatan atau perawatan, biasanya akan dilakukan evaluasi. Jika belum, maka akan disarankan, perawatan atau pengobatan yang sesuai dengan kondisi mereka. “Artinya, apakah penyakit mereka itu terkontrol atau tidak. Jika belum, maka kita akan memberitahu terkait pola makan seimbang dan gaya hidup sehat,” tambah Edi.

Untuk lansia veteran, Edi mengakui dari hasil pemeriksaan, rata-rata masih memiliki fisik yang bugar. Sebagai akibat gaya hidup saat mereka masih aktif menjadi tentara. “Tapi, karena penurunan aktivitas, ada potensi terjadinya permasalahan di tulang, otot dan keseimbangan. Misalnya osteoarthritis atau rematik, permasalahan pada lutut yang kita cek melalui Densitometri,” papar Edi.

Secara umum, pertambahan usia akan menyebabkan penurunan metabolisme. Sehingga dibutuhkan suatu pemeriksaan yang berbeda dengan pasien dengan umur yang berbeda. Dalam kasus pemeriksaan MCU Geriatri khusus veteran kali ini, tidak menemukan kasus gangguan mental, akibat aktivitas saat masih berdinas di ketentaraan dahulu.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!