hut

Menteri Agama Antar Pemakaman BJ Habibie dengan Lantunan Doa

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, membacakan doa pada pemakaman Presiden ke-3 RI BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan.

Proses pemakaman berlangsung secara militer, dimulai tepat pukul 13.45 WIB. Sebagai Inspektur upacara, Presiden RI Joko Widodo.

“Hari ini, salah satu pahlawan dan kusuma bangsa terbaik kami, Presiden ke-3 RI yang kami kasihi, Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie berpulang ke pangkuan-Mu menuju alam abadi,” kata Menag Lukman, di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Lukman mendoakan agar Allah SWT mengampuni semua kesalahan almarhum Habibie.

“Ya Allah, Tuhan Maha Segala. Ampunilah segala khilaf dan dosanya. Lipat gandakanlah pahala atas keikhlasan pengabdian dan pengorbanannya. Dan masukkanlah ia ke dalam kelompok hamba-hamba-Mu yang berhak menikmati surga,” lanjut Menag.

Pemakaman BJ Habibie dihadiri ribuan masyarakat yang memadati areal Taman Makam Pahlawan Kalibata. Mereka hadir untuk menunjukkan rasa duka sekaligus kecintaannya pada sosok yang dikenal intelek dan religius ini.

Berikut doa pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata yang dibacakan oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin: Ya Allah, Tuhan Alam Semesta, dalam keheningan dan kesyahduan suasana ke haribaan-Mu kami mohonkan lindungan-ampunan serta doa.

Curahkanlah rahmat dan kasih-Mu kepada para pahlawan kesatria. Mereka yang telah gugur sebagai kusuma bangsa.

Hari ini salah satu pahlawan dan kusuma bangsa terbaik kami Presiden ke-3 RI yang kami kasihi Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie Berpulang ke pangkuan-Mu menuju alam abadi.

Ya Allah, Tuhan Maha Segala.

Ampunilah segala khilaf dan dosanya Lipat gandakanlah pahala atas keikhlasan pengabdian dan pengorbanannya. Dan masukkanlah ia ke dalam kelompok hamba-hamba-Mu yang berhak menikmati surga

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Memberi.

Berilah kami kekuatan, kesabaran, dan petunjuk-Mu penentram hati. Untuk meneruskan perjuangan mewujudkan cita-cita beliau yang kami hormati.

Berilah kami kearifan untuk meneladani integritas dan kualitas dirinya yang terpuji. Bekalilah kami kemampuan merealisasi. Harapannya yang juga adalah harapan kami semua. Mewujudkan masyarakat yang sejahtera, berdaulat, dan mandiri. Penuh rahmat-Mu yang tiada bertepi.

Bapak Habibie yang kami sayangi.

Selamat jalan menuju surga sebagai tempat kembali. Semoga teladan dan arahan Bapak dapat kami ikuti. Semoga ilmu dan kearifan yang Bapak ajarkan terus memandu kami. Amin.

Ada pun rangkaian pemakaman BJ Habibie secara berurutan yakni diawali dengan upacara penyerahan jenazah dari pihak keluarga kepada pemerintah di rumah duka, Jalan Patra Kuningan, yang dipimpin Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Jenderal TNI (purn) Agum Gumelar.

Selanjutnya kereta jenazah membawa jasad BJ Habibie ke TMPN Kalibata melalui Jalan HR Rasuna Said – Jalan Jenderal Gatot Soebroto – Jalan Raya Pasar Minggu – Jalan Raya Kalibata.

Setelah tiba di TMPN Kalibata, peti jenazah ditandu oleh sejumlah anggota TNI  ke halaman TMPN Kalibata menuju area liang lahat. Komandan upacara pun membacakan riwayat hidup singkat almarhum BJ Habibie.

Inspektur upacara, Presiden Jokowi, memimpin upacara pemakaman kenegaraan. Setelahnya Jokowi membacakan apel persada kemudian prosesi pemakaman dilakukan dengan menurunkan jenazah BJ Habibie ke liang lahat.

Komandan upacara pun memimpin penghormatan terakhir dan dilanjutkan dengan penaburan bunga oleh inspektur upacara dan pihak keluarga. Kemudian penimbunan liang lahat juga dilakukan secara simbolis oleh Jokowi dan perwakilan keluarga.

Setelah jenazah dikuburkan, Jokowi memberikan sambutan yang disambung dengan perwakilan keluarga.

Sejumlah mantan kepala negara dan pejabat juga hadir pada acara tersebut antara lain Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, mantan wakil presiden Try Sutrisno, mantan wakil presiden Hamzah Haz, mantan wakil presiden Boediono, dan istri Presiden Ke-4 Abdurahman Wahid, Sinta Nuriyah Wahid.

Makam BJ Habibie bertempat di sebelah makam mendiang istrinya, Ibu Ainun Habibie, di slot 120-121.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!