hut

NTB Siapkan Kader Bersertifikat untuk Merevitalisasi Posyandu

Editor: Mahadeva

MATARAM – Guna mendukung keberadaan posyandu keluarga, Pemprov Nusa Tenggara Barat merevitalisasi kegiatan tersebut dengan menyiapkan ribuan kader yang terlatih.

Kader yang disiapkan bersertifikat dari Dinas Kesehatan (Dinkes) NTB. “Ada sekitar 30 ribu kader Posyandu dipersiapkan, untuk mendukung SDM Posyandu keluarga di seluruh kabupaten kota, dan telah mengantongi sertifikasi dari Dinkes NTB,” kata Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah, Kamis (19/9/2019).

Percepatan sertifikasi terhadap kader-kader Posyandu, merupakan langkah untuk mensukseskan agenda revitalisasi Posyandu di seluruh desa dan kelurahan di NTB. “Saya berharap dengan adanya sertifikasi terhadap kader-kader yang telah terlatih tersebut, program ini akan berjalan dengan baik, sesuai yang telah ditargetkan di 2023,” ujarnya.

Saat ini, Posyandu identik dengan pelayanan kesehatan untuk ibu dan anak. Namun, dengan revitalisasi, fungsi dari Posyandu diperluas. Ditambah dengan fungsi edukasi dan penanganan masalah sosial masyarakat, dan sebagai pusat ketahanan keluarga serta pengentasan kemiskinan. Dengan edukasi tersebut, Posyandu bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat, baik masalah kesehatan, lingkungan, dan mitigasi bencana. Dengan demikian, kesadaran masyarakat akan semakin tinggi, untuk menjaga kesehatan, memelihara lingkungan dan tanggap bencana.

Lihat juga...