hut

Organda Sediakan Bus Terusan untuk Penumpang Kapal Eksekutif

Editor: Mahadeva

LAMPUNG – Organisasi Angkutan Darat (Organda) Bakauheni, menyediakan sembilan unit bus untuk melayani penumpang di dermaga eksekutif Bakauheni.

Ivan Rizal, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Khusus Organda Bakauheni menyebut, layanan itu mempermudah konektivitas pelayanan angkutan laut dan darat. Armada bus sudah berjalan melayani sejak tiga bulan terakhir.

Sebagai angkutan perintis, ke-sembilan bus tersebut dikelola oleh PO Karona dan PO Puspa Jaya. Penumpang kapal, yang memilih kapal eksekutif dari Pelabuhan Merak, akan lebih cepat tiba di Kota Bandarlampung dengan moda bus yang disediakan. Bus berangkat, menyesuaikan waktu kedatangan kapal.

Armada bus terusan disebut Ivan Rizal, mencegah penumpang menunggu lama di Bakauheni. Bus akan berangkat tanpa harus menunggu penumpang penuh, menuju ke terminal Rajabasa. Memanfaatkan akses Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), perjalanan bus terusan lebih singkat.

Ivan Rizal, Ketua DPC Khusus Organda Bakauheni Lampung Selatan saat ditemyi Cendana News, Senin (2/9/2019) – Foto Henk Widi

“Konektivitas Pulau Jawa ke Sumatera memakai kapal eksekutif membutuhkan waktu satu jam, ditambah bus terusan satu jam, berarti hanya butuh waktu dua jam tiba di pusat Kota Bandarlampung,” ungkap Ivan Rizal kepada Cendana News, Senin (2/9/2019).

Penyediaan bus disebutnya akan lebih ditingkatkan untuk rute jarak jauh, dengan mempertimbangkan keberadaan JTTS yang sudah beroperasi. Saat JTTS ruas Terbanggibesar-Kayu Agung Sumatera Selatan beroperasi, bus trayek Palembang rencananya akan ditambah.

Beroperasinya tiga kapal eksekutif dari total empat kapal yang tersedia, akan semakin memperlancar sarana transportasi. Keberadaan dermaga eksekutif yang akan dilengkapi hotel, bisa dimanfaatkan penumpang yang akan melanjutkan perjalanan ke Sumatera Selatan.

Mahalnya tiket pesawat udara dan mahalnya bagasi pesawat, menjadi angin segar bagi Organda. Penumpang saat ini memilih perjalanan menggunakan kapal laut dan bus di jalur darat. Hingga September 2019, DPC Khusus Organda Bakauheni telah menyiapkan puluhan bus dan travel untuk melayani transportasi jalur darat. Sebanyak 22 Perusahaan Otobus (PO) dan 13 perusahaan travel, siap melayani rute Bakauheni menuju Rajabasa, Bandarlampung.

Lihat juga...