hut

Pemprov DKI Siap Bantu Pemda Bogor Bersihkan Sampah

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI siap membantu Kabupaten Bogor, Jawa Barat untuk membersihkan sampah di Kali Baru.

“Jakarta tentu bisa membantu kalau ada permintaan,” ucap Anies di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Kamis (19/9/2019).

Menurut Anies, Pemerintah Daerah (Pemda) Bogor diminta mengirim surat permintaan bantuan ke DKI.

“Kalau Bogor minta dibantu, kabari ke kita. Resmi, nanti kita bisa eksekusi. Siap bantu,” paparnya.

Anies menyebut sebelum turun tangan, Pemprov DKI harus meminta izin ke Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC). Kali Baru berada di bawah wewenang BBWSCC.

“Kalau kita melakukan pembersihan pun sebetulnya kita minta izin kepada BBWSCC. Karena sungai adalah di bawah kewenangan Kementerian PUPR. Jadi ketika kita membersihkan, mengeruk sungai dan lain-lain kita izin kepada mereka. Tapi kalau Bogor minta dibantu, kabari ke kita. Resmi, nanti kita bisa eksekusi. Siap bantu,” jelasnya.

Persoalam sampah di Kali Baru sudah berlangsung bertahun-tahun. Bahkan Ibu Negara Iriana Joko Widodo pernah langsung turun ke lapangan memantau pembersihan sampah di aliran sungai itu.

Sebelumnya, Bupati Bogor Ade Yasin ingin Pemprov DKI Jakarta turut peduli membantu mengatasi sampah di Kalibaru. Alasannya, air Sungai Kalibaru mengalir ke Jakarta.

Dia menjelaskan Pemkab Bogor mengalami kendala dalam mengatasi sampah. Kendala itu, kata Ade, adalah keterbatasan alat dan sumber daya manusia (SDM).

Dia menjelaskan Pemkab Bogor mengalami kendala dalam mengatasi sampah. Kendala itu, kata Ade, adalah keterbatasan alat dan sumber daya manusia (SDM).

Lihat juga...