hut

Pencegahan HIV AIDS KPA Badung Melalui Jalur Pendidikan

Ilustrasi -Dok: CDN

BADUNG — Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Badung menyelenggarakan kegiatan “Aku Tahu, Aku Cegah” sebagai salah satu upaya untuk mencegah penularan penyakit HIV AIDS.

“Kegiatan dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia 2019 ini merupakan upaya kami dalam pencegahan HIV AIDS melalui jalur pendidikan,” ujar Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa, di Mangupura, Senin (2/9/2019).

Ia mengatakan, kegiatan “Aku Tahu, Aku Cegah” tersebut merupakan kegiatan inovasi yang dilaksanakan oleh KPA Kabupaten Badung yang menyasar pelajar tingkat SMP, SMA/SMK setempat.

“Kegiatan ini menyasar siswa untuk mempersiapkan generasi penerus karena perjalanan virus HIV itu lima sampai 10 tahun tanpa gejala dengan usia tertinggi yang terinfeksi HIV AIDS adalah merupakan usia produktif,” ujarnya.

Menurut Wabup Suiasa, inovasi “Aku Tahu Aku Cegah” merupakan wujud pencegahan yang nyata, dan mengajak pesertanya yang telah mendapatkan informasi untuk melakukan pencegahan yang dimulai pada diri sendiri.

“Kemudian informasi yang didapat itu nantinya dapat disebarluaskan kepada teman terdekat, keluarga, masyarakat di sekitar hingga dalam lingkup yang lebih luas dalam upaya ‘Ending AIDS 2030’,” kata Suiasa.

Sementara itu, ketua panitia penyelenggara, Ida Bagus Nirmala Kesuma menjelaskan, kegiatan “Aku Tahu, Aku Cegah” itu merupakan kegiatan inovasi yang dilaksanakan dengan pemberian informasi dasar HIV AIDS, pencegahan, dan layanan tes HIV.

“Kegiatan ini kami lakukan selama tiga bulan hingga bulan November mendatang dengan menyasar para siswa SMP dan siswa SMA/SMK yang ada di wilayah Badung,” katanya. (Ant)

Lihat juga...