Penerima Manfaat Tabur Puja di DCML Trirenggo Bantul Tembus 785 Anggota

Editor: Mahadeva

YOGYAKARTA – Jumlah penerima manfaat pinjaman modal usaha Tabungan Kredit Pundi Sejahtera (Tabur Puja) di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Trirenggo, Bantul, DI Yogyakarta, terus meningkat.

Hal itu menjadi bukti, keberhasilan Yayasan Damandiri, dalam memberikan akses permodalan bagi warga miskin di Desa Trirenggo. Bantuan modal tersebut menjadi langkah awal untuk mereka yang sedang merintis maupun mengembangkan usaha.

Manager Unit Tabur Puja KUD Gemah Ripah Trirenggo Bantul, Arifian Dwi Cahyanto – Foto : Jatmika H Kusmargana

Manager Unit Tabur Puja KUD Gemah Ripah Trirenggo Bantul, Arifian Dwi Cahyanto, mengatakan, hingga akhir Agustus 2019, tercatat telah ada 12 kelompok Tabur Puja baru yang dibentuk di Desa Trirenggo. Jumlah itu meningkat drastis dari bulan sebelumnya, yang hanya mencapai sembilan kelompok. “Selama sebulan terakhir, kita sudah mendambah tiga kelompok baru Tabur Puja. Dari Sembilan kelompok di Juli, menjadi 12 kelompok di Agustus,” ujar Arifian Senin (23/09/2019).

Dengan semakin bertambahnya jumlah kelompok Tabur Puja, maka secara otomatis jumlah penerima manfaat bantuan modal juga semakin meningkat. Jika pada Juli lalu anggota Tabur Puja baru 738 orang, maka di Agustus 2019 kemarin jumlahnya menjadi 785 orang anggota.  “Satu kelompok Tabur Puja rata-rata bersisi 10 sampai 15 anggota. Dengan tambahan tiga kelompok Tabur Puja baru, maka ada sekitar 47 anggota atau penerima manfaat Tabur Puja yang baru,” jelasnya.

Arifian mengatakan, fokus memberikan pinjaman modal usaha Tabur Puja bagi warga miskin di Desa Trirenggo. Baik itu warga dari keluarga Pra Sejahtera maupun Sejahtera satu. Khususnya bagi warga yang sudah memiliki usaha atau tengah merintis usaha baru. “Sesuai komitmen Yayasan Damandiri dalam upaya mengentaskan kemiskinan, bantuan modal usaha Tabur Puja ini kita fokuskan pada keluarga kurang mampu. Agar mereka bisa memiliki usaha dan meningkat taraf hidupnya,” bebernya.

Unit Tabur Puja KUD Gemah Ripah di Desa Cerdas Mandiri Lestari Trirenggo sampai Agustus 2019 telah menggulirkan bantuan dana modal usaha sebanyak Rp1,617 miliar. Dana itu berasal dari pinjaman Yayasan Damandiri yang disalurkan sejak  2017 lalu.  “Untuk keuntungan, selama awal Januari 2019 hingga Agustus 2019 ini, tercatat sudah mencapai Rp17.503.603. Dengan rata-rata pemasukan Rp1,5 juta sampai Rp2 juta setiap bulannya,” pungkasnya.

Lihat juga...