hut

Pentingnya Air Bagi Tubuh Manusia

Editor: Mahadeva

Perwakilan Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) dr. Milka Inkiriwang, MARS, saat di temui Cendana News di acara Kampanye Ayo Minum Untuk Sehat, di Jakarta, Kamis (12/9/2019) – Foto Ranny Supusepa

JAKARTA – Tingginya aktivitas masyarakat perkotaan di dalam ruangan, serinh berakibat tubuh tidak mendapatkan cukup suplai cairan. Padahal, dalam melakukan fungsinya, setiap organ tubuh membutuhkan persentase air yang cukup.

Perwakilan Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI), dr. Milka Inkiriwang, MARS menyebut, kebutuhan cairan di dalam tubuh manusia, dipenuhi dengan mengkonsumsi air paling sedikit delapan gelas perhari.

Kemudian ditambah dengan mengkonsumsi buah dan sayur. “Air itu sangat penting bagi tubuh manusia. Lebih dari setengah tubuh manusia itu mengandung air. Dan semua fungsi organ juga didukung oleh cairan. Sehingga sangat penting untuk mencukupi asupan air dalam tubuh,” kata dr. Milka, di sela-sela acara Kampanye Ayo Minum Untuk Sehat di Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Mengkonsumsi air yang cukup, akan membuat tubuh terhindar dari dehidrasi, melancarkan sirkulasi darah, membantu mengantarkan nutrisi ke seluruh tubuh, membantu fungsi organ tubuh, menjaga tubuh dari ancaman penyakit, dan membantu program detoksifikasi maupun diet. Kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi, bisa terlihat dari keadaan seseorang yang gampang merasakan capek, bibir kering, tenggorokan terasa kering, maupun dari air seni yang keruh.

“Jika ini sudah terjadi, sebaiknya minum sesegera mungkin. Lebih baik lagi, kalau kita minum setiap satu jam sekali. Tidak perlu terlalu banyak, satu gelas setiap jam sudah cukup untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh,” urai Milka.

Untuk kepentingan detoksifikasi, proses pengeluaran racun dari dalam tubuh bisa melalui keringat maupun air seni. Sehingga dengan meminum cukup air, maka proses pengeluaran racun di tubuh dapat berlangsung dengan baik. “Bagi orang yang ingin melakukan program diet dengan menggunakan air mineral, harus didahului dengan pemeriksaan oleh ahli medis. Jadi harus konsultasi dulu dengan pakarnya, baru diketahui apa yang harus dilakukan berkaitan dengan program dietnya,” tandasnya.

Udara panas, menjadi salah satu penyebab seseorang harus lebih teratur dalam mengkonsumsi cairan. Ketika panas terik, tubuh manusia akan lebih banyak mengeluarkan cairan, sehingga minumnya juga harus lebih sering. “Kita berbicara saja, itu sudah mengeluarkan cairan. Apalagi kalau sampai berkeringat dalam jumlah banyak,” ujar Milka.

Sementara, untuk orang yang melakukan aktivitas dalam ruangan, disebut Milka harus tetap minum air secara teratur. Walaupun tidak mengalami rasa haus. “Walaupun di ruangan ber-ac, jangan dipikir nggak butuh minum ya. Kondisi di dalam ruangan, menyebabkan seseorang tidak menyadari kalau dirinya membutuhkan minum. Jadi haus tidak haus, seseorang harus tetap minum, minimal satu gelas dalam satu jam,” paparnya.

Air yang sehat memiliki kriteria yang tidak berbau, tidak berwarna dan tidak mengandung mikroba, yang berpotensi merugikan tubuh. Lebih baik lagi, jika air yang diminum mengandung mineral. “Mineral dibutuhkan oleh tubuh. Tapi tubuh tidak memproduksi mineral. Sehingga, jika kita meminum air mineral, artinya kita membantu tubuh kita mendapatkan mineral yang dibutuhkan tubuh. Bisa juga, dengan buah yang direndam dalam air. Khusus air mineral kemasan, harus yang sudah ada sertifikasi dari BPOM. Jadi benar-benar sudah teruji bahwa memang air itu sehat dan tidak mengandung mikroba yang membahayakan bagi tubuh,” pungkas Milka.

Lihat juga...