hut

Peringatan G30S PKI, Momentum Mewaspadai Ancaman Bangsa

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Ketua Yayasan Kajian Citra Bangsa (YKCB), Mayjen Purn Lukman Boer, menyatakan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan Gerakan 30 September PKI harus menjadi momentum bagi segenap elemen bangsa untuk selalu waspada terhadap setiap bentuk ancaman yang berusaha memecah belah bangsa.

Hal itu ia ungkapkan di sela acara Sarasehan Peringatan 45 Tahun Hari Kesaksian Pancasila, dan Nonton Bareng Film G30 S PKI, yang digelar Yayasan Kajian Citra Bangsa (YKCB) di Museum Memorial HM Soeharto, Kemusuk, Senin (30/9/2019) malam.

Ketua Yayasan Kajian Citra Bangsa, Mayjen Purn Lukman Boer, di area Museum Memorial HM Soeharto, Senin (30/9/2019) – Foto: Jatmika H Kusmargana

“Sejarah tidak boleh dilupakan. Orang yang lupa sejarah adalah orang yang tidak punya tujuan. Karena itu kita harus selalu ingat sejarah bangsa kita. Dan berpegang teguh dengan apa yang telah kita sepakati bersama, yakni UUD 45 dan Pancasila,” ujarnya.

Menurut Boer, ancaman perpecahan bangsa akan selalu ada di setiap zaman atau era mana pun. Karena itulah setiap elemen bangsa harus selalu waspada terhadap semua bentuk ancaman itu. Peristiwa G30 S PKI harus menjadi pelajaran berharga bagi bangsa Indonesia.

“Peristiwa G30 S PKI bisa terjadi karena kita tidak waspada. Karena itulah, kita harus selalu mewaspadai setiap bentuk upaya pihak-pihak yang ingin menfitnah, membalikkan fakta, mengadu domba, dan sebagainya. Sebab indikasi itu saat ini ada dan nyata,” ujarnya.

Warga Kemusuk antusias mendatangi acara nobar film G30S PKI, Senin (30/9/2019) – Foto: Jatmika H Kusmargana

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Bantul, Sumarjito, mengatakan, sangat mendukung acara Sarasehan Peringatan 45 Tahun Hari Kesaksian Pancasila, dan Nonton Bareng Film G30 S PKI semacam ini. Terlebih di era milenial seperti sekarang ini, semangat nasionalisme khususnya di kalangan generasi muda semakin memudar.

“Dengan acara semacam ini, masyarakat akan dapat mengingat kembali peristiwa sejarah G30 S PKI. Apalagi di era digital seperti saat ini,” pungkasnya.

Lihat juga...