hut

PLN Siapkan “Ultra Fast Charging”, Pengisi Daya Mobil Listrik

Ilustrasi pengisian ulang kendaraan listrik - Foto Ant

JAKARTA – PT PLN telah menyiapkan satu Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) untuk mengisi daya kendaraan listrik di Jakarta. SPLU tersebut dilengkapi dengan kemampuan Ultra Fast Charging Station.

Ultra fast charging-nya ada satu, 150 kilo watt, kalau nge-charge 20 menit langsung full,” kata General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya), Ikhsan Asaad, di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, Rabu (4/9/2019).

Kebijakan yang mendasari PLN hanya mendirikan satu tempat Ultra Fast Charging, disebut Ikhsan ada beberapa factor. Dan saat ini, hal yang mendasari tersebut masih dalam proses pembahasan dan pengkajian. “Ya, kita coba dulu ya, selain investasinya cukup mahal, Rp1,5 miliar sampai Rp2 miliar untuk satu ultra fast charging. Makanya, tahun ini satu, tahun depan kami rencananya tambah lagi. Minimal memberi keyakinan ke masyarakat dulu,” paparnya.

Walaupun hanya ada satu pos, Ikhsan meminta masyarakat untuk tidak khawatir. PLN juga akan membangun tiga stasiun fast charging, dan 10 normal charging di lokasi-lokasi strategis di Jakarta. “Ada 10 normal charging, lalu tiga fast charging. Targetnya hingga akhir tahun ini,” tandasnya.

Mengenai lokasi, Ikhsan mengaku masih berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Utamanya, untuk menempatkan pos-pos pengisian daya tersebut, di beberapa titik strategis di Tanah Betawi. “Saya lagi minta izin sama Gubernur, agar posisinya nanti di dekat Monas, atau HI, biar aksesnya gampang,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!