hut

PMI Kupang Membutuhkan 3.000 Kantong Darah Tiap Bulan

KUPANG — Wakil Wali Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Hermanus Man mengatakan Palang Merah Indonesia (PMI) Kupang membutuhkan 3.000 kantong darah setiap bulan guna memenuhi kebutuhan darah bagi pasien yang sedang menjalani perawatan medis di berbagai rumah sakit di ibu kota provinsi berbasis kepulauan ini.

Demikian dikatakan Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man dalam sambutannya pada HUT Palang Merah Indonesia (PMI) ke-74 tingkat Kota Kupang di Pantai wisata Lasiana, Rabu (18/9/2019).

Hermanus Man yang juga merupakan Ketua PMI Kota Kupang mengatakan, PMI di wilayahnya membutuhkan darah setiap bulan mencapai 3000 kantong darah.

Dalam memenuhi kebutuhan darah tambah Hermanus Man dilakukan melalui kegiatan sosial donor darah yang dilakukan berbagai pihak,dalam memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat yang sedang menjalani penanganan medis karena penyakit, melahirkan, maupun korban kecelakaan lalulintas.

Terkait tingginya kebutuhan darah di ibu kota provinsi NTT ini, Hermanus Man meminta para lurah, camat untuk membantu mendorong masyarakat untuk aktif mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali.

Menurut Hermanus Man, kesulitan yang dihadapi PMI Kota Kupang selama ini adalah mendapatkan pendonor darah yang bergolongan darah AB.

“Pemerintah Kota Kupang berharap PMI melakukan pendataan terhadap warga yang bergolongan darah AB termasuk mendata alamat maupun nomor kontak pendonor guna memudahkan PMI dalam mendapatkan pendonor darah golongan AB dalam kondisi yang darurat,” kata Hermanus Man.

Wakil Wali Kota Kupang juga berharap para pendonor darah bergolongan darah AB agar bersedia mendonorkan darahnya secara rutin setiap tiga bulan sekali guna meminimalisir terjadinya kekurangan darah golongan AB.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Kota Kupang, Gosa Yohanes dalam kesempatan itu mengatakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-74 PMI tingkat Kota Kupang tahun 2019, PMI telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti Pelatihan bersama PMR Wira se-Kota Kupang diikuti 40 orang peserta.

Serta melakukan penanaman pohon mangga sebagai simbol PMI di halaman Kantor Markas PMI Kota Kupang serta kegiatan pengecatan trotoar guna memperindah kawasan perkotaan sesuai semangat ‘Ayo Berubah’ Pemerintah Kota Kupang yang berlangsung di depan Rumah Sakit Siloam sepanjang 150 meter.(Ant)

Lihat juga...