hut

Puluhan Ribu Penonton Ramaikan Konser Akbar Musik Klasik di Monas

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyebutkan kota Jakarta harus menjadi salah satu tuan rumah bagi musisi klasik di seluruh dunia. Dia pun mengatakan, Pemprov DKI selalu mendukung setiap kegiatan musik klasik.

“Sebagai contoh malam hari ini, Pemprov DKI akan mendukung. Dan sesudah ini kita akan duduk bersama bagaimana agar bisa membuat Jakarta menjadi salah satu rumah penting bagi musik klasik dunia,” kata Anies di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (8/9/2019) malam.

Menurutnya banyak generasi muda yang mencintai musik klasik atau orkestra. Karenanya, Anies mengatakan Jakarta dapat menjadi wadah bagi tumbuhnya seni musik dan kebudayaan yang dapat mengharumkan nama Indonesia.

Suasana penonton konser akbar Monas Jakarta 2019, Jakarta Pusat, Minggu (8/9/2019) malam. Foto: Lina Fitria

“Kita pastikan, Jakarta bisa menjadi lahan dan sumber bagi tumbuhnya seni dan kebudayaan yang membanggakan bagi Indonesia. Jakarta harus menjadi sebuah ekosistem para seniman tumbuh berkembang. Para seniman bisa menjadi tuan rumah di negerinya sendiri,” paparnya.

Ke depan dia berharap agar konser musik serupa (berkelas internasional) dapat terus digelar secara berkala di Jakarta dan dapat dinikmati siapa saja, salah satunya musik klasik. Sehingga nantinya Jakarta dapat menjadi tempat bertumbuhnya musik klasik dunia.

“Kita berharap ini (konser berkelas internasional) dapat diselenggarakan rutin apalagi konser ini dilakukan terbuka serta gratis, Jakarta harus bisa menjadi salah satu tempat orkestra, kita dikenal di level global, sehingga Jakarta jadi tempat tumbuhnya seni dan budaya, dan ini awal yang baik,” terangnya.

Membangun ekosistem kesenian dan kebudayaan di Jakarta dirasa penting. Maka dari itu Gubernur Anies menegaskan langkah Pemprov DKI yang siap mendukung kegiatan mengembangkan dan menumbuhkan kesenian serta kebudayaan di Jakarta, salah satunya adalah menghadirkan panggung-panggung kesenian yang dapat dinikmati semua kalangan.

“Sebagai kota global Jakarta harus menjadi ekosistem yang baik bagi seluruh seniman untuk tumbuh dan berkembang, dan kami di Pemprov DKI akan selalu mendukung kegiatan tersebut,” tegasnya.

Selain itu Anis juga ingin seniman Jakarta bisa tampil di luar negeri secara mempesona. Dia pun mencontohkan salah satu konduktor kondang Indonesia.

“Tapi yang tidak kalah penting mereka harus bisa menjadi tamu mempesona di negeri orang dan kita tadi saksikan konduktor kita Doktor Jahja Ling dia menjadi perwakilan kita bukan hanya sekedar tuan rumah tapi tamu mempesona di negeri orang,” ujar Anies.

Konser akbar klasik ini berlangsung sangat meriah, setidaknya ada 13 ribu lebih penonton yang memadati area Lapangan Monas untuk menikmati keindahan musik-musik klasik maestro dunia.

Konser musik klasik outdoor ini pertama di Indonesia. Dia mengaku sangat terkesan dengan penampilan paa pemain instrumen yang diarahkan oleh konduktor kondang Stephen Tong serta konduktor berkelas dunia Yahya Ling.

“Orkestranya sendiri impresif dan kita menyaksikan pemain dan dirigen kelas dunia putra putri bangsa yang bukan saja menjadi tuan rumah di negeri sendiri melainkan juga tamu mempesona di negeri orang,” terangnya.

Dia mengungkapkan jumlah itu sebagai rekor penonton konser musik klasik terbanyak.

“Yang bekerja di balik acara Konser Akbar 2019 yang saya hormati semua jajaran Jakarta Simfonia Orkestra dan Jakarta Oratorio Society serta yang tercatat hadir di tempat ini sebanyak 13.109 orang lebih. Menjadi barangkali penonton konser paling banyak dalam rekor sejarah Indonesia,” katanya.

Konser Akbar Monas 2019 sendiri merupakan konser musik klasik dengan venue outdoor pertama di Kawasan Monas. Anies menghadiri Konser Akbar Monas Jakarta 2019. Konser ini adalah menampilkan Jakarta Symphony Orchestra. Acara Konser Akbar Jakarta dimulai pada 18.40 WIB.

Turut hadir dalam acara ini Menteri Kelauatan dan Perikanan Susi Pudjiastuti hingga para Duta Besar negara sahabat. Anies ditemani oleh sang istri, Fery Fahati Ganis. Selain itu, Anies juga ditemani para anaknya Ismail, Mikail dan Mutiara Baswedan.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!