hut

Puskesmas Karang Kitri Bekasi Menuju Predikat Paripurna

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Puskesmas Karang Kitri, Bekasi Timur, Kota Bekasi Jawa Barat, menuju predikat Paripurna dalam penilaian re-akreditasi oleh Dewan Komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan RI. Selama ini status predikat Puskesmas Karangkitri masuk kategori madya hasil akreditasi tahun 2017 lalu.

“Puskesmas Karang Kitri memiliki peluang besar memperoleh status Puskesmas Paripurna karena keberadaannya menjadi salah satu Puskesmas unggulan,” ungkap Tanti Rohilawati, saat mendampingi langsung proses akreditas tim di hari terakhir, Jumat (20/9/2019).

Menurutnya Puskesmas Karang Kitri adalah unggulan di Bekasi, dengan faktor pendukung seperti upaya kesehatan masyarakat, upaya kesehatan perorangan atau pengobatan, administrasi dan manajemen dimiliki oleh Puskesmas Karangkitri sudah memadai.

Diketahui ada 776 elemen penilaian dalam akreditasi yang dikumpulkan tim penilai untuk ditetapkan great-nya. Semua faktor yang menjadi syarat telah terpenuhi oleh Puskesmas Karang Kitri.

Dikatakan bahwa Puskesmas Karang Kitri sudah melalui akreditasi pada Tahun 2017 lalu dan mendapatkan great madya. Dari delapan puskesmas yang mengikuti akreditasi tahun ini, Tanti sangat optimis hasil maksimal akan diperoleh Puskesmas Karang Kitri.

“Semua Puskesmas yang ikut akreditasi, tahun 2019, tentunya diharapkan dapat nilai terbaik sesuai dengan great. Tetapi untuk Puskesmas Karang Kitri cukup relevan jika meraih predikat paripurna,” imbuhnya.

Dalam penilaian di hari terakhir di Puskesmas Karang Kitri tersebut, turut hadir Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, yang berkesempatan meninjau langsung kegiatan dan bertemu dengan tim Dewan Komisi Akreditasi dari Kemenkes RI.

Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, dan Kepala Dinas Kesehatan Tanti Rohilawati, mendampingi proses akreditasi dari tim Dewan Komisi Akreditasi Kemenkes RI, Jumat (20/9/2019). Foto: Muhammad Amin

Tri Adhianto berharap, proses akreditasi yang tengah berlangsung dan memasuki hari terakhir di Kota Bekasi tersebut, mampu memacu pelayanan di Puskesmas lebih baik lagi kepada masyarakat.

“Kita memberikan support atas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Saya melihat Puskesmas Karangkitri, layak menyandang predikat paripurna,” ungkap Tri Adhianto seraya mengatakan tapi tetap kembali lagi ke tim penilai.

Dia mengaku ada perubahan paradigma yang positif, baik oleh masyarakat maupun pihak pengelola kesehatan dengan tidak memposisikan puskesmas sebagai tempat berobat, melainkan kunjungan masyarakat ke puskesmas dengan tujuan untuk konsultasi kesehatan.

“Saya melihat sudah ada perubahan paradigma bahwa puskesmas tidak hanya untuk pengobatan tetapi konsultasi kesehatan. Ini sinyal positif yang tentunya akan meningkatkan standar kesehatan masyarakat Kota Bekasi,” terangnya.

Selain itu, Tri Adhianto juga berharap agar seluruh lapisan bekerjasama dalam menciptakan masyarakat Kota Bekasi yang sehat dengan menjaga gizi makanan seimbang dan berolahraga dalam menjaga kesehatan.

Lihat juga...