hut

Relawan Karhutla Ditolak, Anies Serahkan ke Kemendagri dan BNPB

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menegaskan, pemberangkatan tim Satgas ke kawasan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dilakukan secara koordinasi dengan Badan Nasional Penanggungulangan Bencana (BNPB).

Untuk penempatan relawan, DKI Jakarta mengikuti arahan Kementerian Dalam Negeri dan BNPB. “Kami mengirimkan orang bukan kepada pemerintah provinsi. Kami mengirimkan kepada BNPB. Jadi ke mananya yang menentukan adalah BNPB,” jelas Anies, Rabu (18/9/2019).

Pemprov DKI Jakarta disebutnya, tidak bisa menentukan lokasi yang akn dibantu untuk dipadamkan. Semua bantuan dari daerah lain, diatur oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan BNPB. Informasi yang diterima Anies, bantuan 65 petugas yang disiapkan DKI Jakarta saat ini dialihkan ke Kalimantan Tengah atau Palangkaraya. Pasalnya, kondisi karhutla di daerah tersebut masih parah. “Per-tadi, informasinya malah diarahkan ke Kalimantan Tengah. Karena di sana kondisinya sedang berat. Dan yang mengarahkan adalah Kementerian Dalam Negeri,” ucap Anies.

Anies menyebut, DKI Jakarta akan selalu siap memberikan bantuan bila diminta. Nantinya, pemberian bantuan akan dikoordinasikan dengan pihak Kemendagri. “Kita kirimnya ke pemerintah pusat. Nanti pemerintah pusat yang kirim ke sana (tempat yang butuh bantuan). Jadi memang koordinasinya dengan Kemendagri,” tuturnya.

Orang nomor satu di Jakarta itu tidak mempermasalahkan ketika 65 personel relawan yang dikirim untuk membantu pemadaman karhutla ditolak Satgas Karhutla Riau. “Kami bersyukur kalau masalah api sudah selesai, karena memang tujuan kita adalah membantu memadamkan api dan mengendalikan dampak-dampak daripada asap,” katanya.

Seperti diberitakan, Anies membentuk satgas yang terdiri dari petugas lintas dinas untuk dikirimkan ke Riau, membantu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Mereka yang dikirim berasal dari sejumlah organisasi perangkat daerah. (Baca: https://www.cendananews.com/2019/09/bantu-tangani-karhutla-dki-kirim-65-relawan-ke-riau.html )

Lihat juga...