hut

Relawan Trash Hero Maumere Punguti Sampah di Pantai Wairterang

Editor: Mahadeva

MAUMERE – Angin kencang dan gelombang tinggi, membawa sampah kembali menumpuk di pesisir Pantai Wairterang, Kecamatan Waigete Kabupaten Sikka, NTT.

Hampir setiap minggu, wisatawan asing bersama anak-anak dan warga Desa Wairterang dilibatkan untuk membersihkan sampah. “Setiap minggu, kami rutin memungut sampah di pesisir Pantai Wairterang. Kami bekerjasama dengan tempat wisata yang ada di pesisir pantai dan para relawan,” kata Wenefrida Efodia Susilowati, Kordinator Trash Hero, Maumere, Rabu (11/9/2019).

Pembersihan juga melibatkan anak-anak Sekolah Dasar (SD) yang di desa tersebut. Bahkan wisatawan asing yang sedang menginap terkadang juga ikut serta menjadi relawan. “Minggu ini kami berhasil memungut sampah sebanyak 300 kilogram. Kebanyakan sampah merupakan botol minuman plastik serta kain. Tetapi kebanyakan sampah plastik,” tandasnya.

Sampah kemudian diangkut menggunakan mobil ke kantor Bank Sampah flores di Maumere. Sampah-sampah kemudian dipilah dan daur ulang. Usai memilih sampah, Direktur Bank Sampah Flores tersebut mengedukasi anak-anak yang ikut membersihkan dengan membagi buku tentang sampah. “Biasanya anak-anak sekolah yang membantu, diberi buku tulis dan pensil. Ini untuk memotivasi mereka, agar peduli kepada kebersihan lingkungan dan sampah,” tuturnya.

Salah seorang anak, Marselina Malfrida, yang selalu ikut kegiatan bersih-bersih pantai, mengaku senang bisa bersama teman-teman ikut memilih sampah. Dia mengaku selalu membawa buku tentang sampah yang diberikan untuk dibawa ke sekolah. “Saya selalu bawa buku tentang sampah yang diberikan Ibu Susi ke sekolah. Teman-teman suka membaca buku ini dan mereka juga mau ikut memilih sampah dengan saya,” ucapnya.

Lihat juga...