hut

Rumah Singgah PMKS Bekasi Dalam Pengerjaan

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Kota Bekasi akan mempunyai rumah singgah yang diperuntukkan bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

“Saat ini dalam tahap pengerjaan oleh Dinas Perkimtan. Pada 2020 selesai dan 2021 akan difungsikan. Rumah Singgah tersebut berlokasi di Padurenan, Kecamatan Mustikajaya,” kata Kabid Rehabilitas Sosial, Dinas Sosial Kota Bekasi, Jawa Barat, Slamet, di ruang kerjanya, Senin (16/9/2019).

Dikatakan, rumah singgah milik Kota Bekasi tersebut dibangun di lahan cukup luas dengan dua gedung. Yakni, gedung A dua lantai dan gedung B satu lantai. Lokasinya berhadapan langsung dengan UPTD Pemakaman Mustikajaya.

Rumah Singgah itu akan memiliki tiga shelter khusus PMKS, meliputi penyandang disabilitas, anak telantar, gelandangan, pengemis dan masalah sosial lainnya. Diharapkan bisa menjadi solusi persoalan PMKS di wilayah Kota Bekasi yang selama ini cukup tinggi.

Menurutnya, selama ini Dinsos Kota Bekasi dalam penanganan PMKS, terutama bagi penyandangan disabilitas mental hanya dititipkan di beberapa yayasan yang ada di Kota Bekasi, seperti Yayasan Galuh dan Jamrud. Hal itu karena belum dimilikinya rumah singgah seperti wilayah lainnya.

“Rumah singgah yang tengah dilaksanakan pembangunannya memiliki kelengkapan singnifikan, meliputi ruang isolasi. Sehingga ke depan akan maksimal dalam penanganan penyandang disabilitas,” ujar Slamet.

Diakuinya, pembinaan melalui rumah singgah cukup efektif, apalagi dengan kondisi di Kota Bekasi. Wilayahnya cukup, dan penduduk cukup hetrogen, tetapi belum memiliki rumah singgah. Rumah singgah diperlukan untuk memberikan pembinaan, sehingga bisa mengurangi jumlah PMKS di Kota Patriot.

“Ke depan melalui rumah singgah PMKS, akan memberikan konsultasi dan masukan hingga mencapai solusi. Sehingga penanganan gelandangan dan pengemis bisa teratasi,” tandasnya.

Rumah Singgah Dinsos Bekasi, bisa menjadi konseling. Gelandangan yang ingin berubah bisa datang dengan sendiri untuk mendapatkan masukan atau diberi pelatihan teknik berwirausaha dan lainnya.

Lihat juga...