hut

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411 Kostrad Buka Jalan Baru Menuju Perbatasan

MERAUKE – Guna mempermudah akses jalan di perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (RI-PNG), khususnya di Kampung Yakyu, anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad bersama warga setempat bergotong royong, membuat jalan baru.

Jalan yang dibuat, sampai dengan perbatasan. Kampung Yakyu adalah bagian dari Kampung Rawa Biru, Distrik Sotta. Di tempat tersebut ada sekira 40 Kepala Keluarga (KK). Untuk menuju Kampung Yakyu, harus menempuh perjalanan menggunakan perahu ketingting selama dua jam dari Kampung Rawa Biru.

Pada awalnya, masyarakat Kampung Yakyu adalah masyarakat dari Kampung Weam yang berasal dari PNG. Namun, sekarang mereka sudah menyatakan menjadi WNI dan menjadi bagian dari Warga Negara Indonesia, khususnya di RT 03 Kampung Rawa Biru, Distrik Sotta, Kabupaten Merauke.

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa membuka jalan ke perbatasan di Kampung Yakyu Merauke – Foto Puspen TNI

Komandan Pos (Danpos) Kampung Yakyu, Letda Inf Komang, menerangkan, pelaksanaan karya bakti dengan pembuatan jalan lebar dari Kampung Yakyu sampai dengan perbatasan yaitu di Patok MM 13.2 dengan jarak 800 meter. “Pembuatan akses jalan baru ini merupakan inisiatif Satgas bersama masyarakat Kampung Yakyu,” jelasnya, seperti dalam pernyataan tertulis yang diterima Cendana News, Minggu (29/9/2019).

Menurut Danpos Kampung Yakyu, selain membuat akses jalan, satgas juga berencana membuat gapura pintu masuk pelintas batas di Patok MM 13.2. Serta membuat tiang bendera di perbatasan tersebut. “Harapan kami (satgas) dan masyarakat Yakyu membuat akses jalan ini, diharapkan dapat mempermudah pelintas batas dan pengontrolan terhadap pelintas batas yang masuk dari Papua Nugini ke Indonesia,” jelasnya.

Di tempat terpisah, Wadansatgas, Mayor Inf Ilham Datu Ramang, menyebut, pembuatan akses jalan yang akan di bangun tersebut, diharapkan bisa menjadi kontrol Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa. Satgas bisa mengawasi pelintas batas yang masuk ke Indonesia, sehingga stabilitas dan keamanan tetap terjaga. (Ant)

Lihat juga...