hut

SDM Unggul Harus Diimbangi dengan Kesehatan Prima

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Pencanangan sumber daya manusia (SDM) berkualitas oleh pemerintah, haruslah diawali oleh kesehatan masyarakat. Karena tanpa masyarakat yang sehat maka tidak akan tercipta SDM yang mampu bersaing di era globalisasi seperti saat ini.

Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf, menyebutkan pemerintah harus melakukan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, jika ingin menciptakan generasi unggul.

“Salah satu program presiden di 2020 adalah SDM unggul, tetapi kami juga mengatakan harus dimulai dari aspek kesehatan untuk mencapainya,” kata Dede saat acara Diskusi Media di Ruang Serba Guna Kemenkominfo Jakarta, Senin (16/9/2019).

Dede menjelaskan pemerintah dapat mengawali kondisi kesehatan dengan melakukan tindakan pencegahan.

“Sumber Daya Manusia yang unggul itu tidak akan mengidap stroke, asam urat, diabetes dan sebagainya. Untuk mencegah itu, pemerintah harus melakukan edukasi terkait apa yang dikonsumsi oleh masyarakat. Baik makanan, minuman maupun obat,” ujarnya.

Pencegahan ini, menurut Dede, bisa dilakukan oleh pemerintah dengan melakukan edukasi secara terus menerus. Hingga masyarakat timbul kesadaran akan pentingnya hidup sehat.

“Apa yang dilakukan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan saat ini sudah tepat, yaitu dengan secara terus menerus melakukan kampanye gaya hidup sehat. Saya malah menghimbau agar industri penyiaran swasta dapat memberikan waktu pada jam tayang untuk kampanye kesehatan ini,” urai Dede lebih lanjut.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan adalah upaya mengedukasi anak dari jenjang pendidikan SD melalui kantin sehat. Yaitu suatu program membina penyedia makanan di sekolah-sekolah untuk hanya menyediakan makanan sehat.

“SKB tentang kantin sehat ini sudah ditandatangani sejak tahun 2014. Dan ini menyasar kantin yang ada di dalam sekolah. Kalau untuk penjaja makanan yang ada di sekitar sekolah, itu akan menjadi wewenang BPOM untuk mengecek,” kata Staf Ahli Hukum bidang Kesehatan Kementerian Kesehatan, Kuwat Sri Hudoyo.

Pada tingkat cakupan yang lebih luas, Kementerian Kesehatan melakukan kampanye Germas atau Gerakan Masyarakat Sehat yang mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang dan melakukan aktivitas fisik yang cukup.

Lihat juga...