hut

Segarnya Es Air Mata Pengantin Khas Melayu di Bekasi

Editor: Koko Triarko

BEKASI- Es Air Mata Pengantin khas Melayu Riau, ada di Kota bekasi. Minuman dengan beragam varian tersebut cocok diminum saat musim panas yang tengah melanda berbagai daerah.

“Namanya memang Air Mata Pengantin, ini minuman khas Melayu Riau yang biasa dijumpai di acara pernikahan orang Melayu di sana,” ungkap Ridwan, Sabtu (21/9/2019).

Keunikan nama Es Air Mata Pengantin, menurutnya membuat banyak orang penasaran dan mampir untuk membeli. Untuk Kota Bekasi, Ridwan mengaku hanya dirinya yang menjual es air mata pengantin, satunya lagi ada di Taman Mini.

Ridwan, pedagang es air mata pengantin di Bekasi -Foto: M Amin

Ridwan mengaku bisa membuat es air mata pengantin, karena pernah merantau ke wilayah Dumai, Provinsi Riau. Ia bekerja pada salah satu restoran Melayu yang menyediakan menu es air mata pengantin.

“Saya asli dari Jasinga, Bogor, tapi saya tahu buat es air mata pengantin ini karena pernah bekerja di salah satu restoran di Dumai. Saya lihat di Kota Bekasi belum ada,”ujar Ridwan.

Bagi yang ingin merasakan es air mata pengantin khas Riau, bisa datang ke Komplek Galaxy. Ridwan membuka es air mata pengantin dengan gerobak sederhana dengan harga satu porsi Rp10.000.

Menurutnya, nama air mata pengantin itu sendiri karena bentuk es itu seolah menggambarkan kebahagiaan pengantin saat usai akad nikah yang banyak meneteaskan air mata. Es ini ada tiga warna setelah dimasukkan ke dalam gelas.

“Campuran es air mata pengantin seperti agar tiga warna, sirup, buah pepaya atau melon, selasih, daging kelapa muda. Sehingga saat di dalam gelas, akan membentuk tiga warna putih, merah atau hijau, atau bagai ada salju di dalam gelas,” paparnya, mengaku jualan es air mata pengantin sejak bulan puasa lalu.

Sajian air mata pengantin ini dikatakan mirip dengan minuman khas Laksamana mengamuk di Riau. Menurutnya, di Riau jarang yang jualan es air mata pengantin, adanya saat bulan puasa.

Lihat juga...