hut

Semarak Pameran Batik dan Kuliner Khas Jawa Barat di TMII

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

JAKARTA — Mempromosikan kekhasan daerah, Anjungan Jawa Barat Taman Mini Indonesia Indah menggelar Pameran Batik dan Kuliner khas Jawa Barat.

Kepala Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Ir. Diana Ramadiany, M.Sc mengatakan, acara ini sebagai upaya untuk melestarikan dan mempromosikan khazanah budaya Jawa Barat.

“Acara ini promosi, karena Anjungan Jawa Barat hadir di TMII untuk melestarikan, mengembangkan dan mempromosikan semua produk unggulan Jawa Barat, di antaranya batik dan kuliner khasnya,” kata Diana kepada Cendana News ditemui di sela acara di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Minggu (22/9/2019).

Pameran Batik khas Jawa Barat ini baru diikuti oleh 17 kabupaten dan kota. Di antaranya, Bogor, Bandung Barat, Banjar, Bandung, Bekasi, Tasikmalaya, Depok, Sukabumi, Cirebon, Pangandaran, Cianjur dan Kuningan.

“Jadi yang menarik dari batik ini yang sudah dikenal atau populer di masyarakat itu motif mega mendung dari Cirebon,” ujar Diana.

Selain batik khas Cirebon, pameran ini juga menampilkan motif-motif lainnya. Seperti dari Kota Bogor, dengan batik motif air hujan atau gerimis. Begitu juga Depok menampilkan motif ikan dan buah-buahan. Sukabumi menampilkan batik motif Geopark Ciletuh.

Kepala Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Ir.Diana Ramadiany, M.Sc saat meninau stan batik khas Cirebon di area pameran Batik Khas Jawa Barat di Anjungan Jawa Barat TMII, Jakarta, Minggu (22/9/2019). Foto: Sri Sugiarti.

Semua motif itu menurut Diana, memang menjadi khas Jawa Barat. Khususnya Sukabumi, dengan alamnya yang indah dan bebatuan yang memang terbentuk secara alami. “Itu dituangkan dalam motik batik Geopark Ciletuh,” imbuhnya.

Begitu pula Cianjur dengan batik motif hayam pelung dan beasan, serta produk lampu gentur.

Sementara untuk pameran kuliner khas Jawa Barat, diikuti 12 kabupaten dan kota. Di antaranya, Sukabumi, Cirebon, Sumedang, Ciamis, Kuningan, Bandung, Karawang, Bogor dan Cianjur.

Selembar kupon gratis dibagikan oleh panitia kepada pengunjung untuk menikmati kuliner khas Jawa Barat. Seperti, Soto Mie Bogor, Geco, Soto Kikil, Pepes Ikan, Nasi Lengko, dan aneka minuman tradisional seperti es pala.

“Sudah berkembang, ternyata tidak hanya dari Kota Bogor, tapi Cianjur juga punya es pala dalam bentuk penyajian yang berbeda dan bahan bakunya tetap sama,” ujarnya.

Suasana pameran batik khas Jawa Barat di area Anjungan Jawa Barat TMII, Jakarta, Minggu (22/9/2019). Foto: Sri Sugiarti.

Pameran batik dan kuliner khas Jawa Barat ini menjadi ajang promosi yang bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat. Bukan saja warga Jawa Barat yang tinggal di Jakarta tapi masyarakat luas.

“Kami berharap pameran ini mengundang masyarakat khususnya di Jakarta, dan wisatawan luar negeri tertarik berkunjung ke Jawa Barat,” pungkasnya.

Lihat juga...