hut

Situ Rawagede Terus Berbenah, Hadirkan Taman Hidroponik

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Lokasi wisata Situ Rawa Gede, Bojong Menteng, Rawalumbu, Kota Bekasi Jawa Barat, terus berbenah dengan menambah fasilitas guna mempercantik destinasi wisata alam di tengah pemukiman warga tersebut.

Kini, pengunjung selain menikmati pesona danau, duduk di atas gazebo atau berkeliling menaiki perahu rakit juga bisa menikmati beragam tanaman hidroponik yang dikreasi kalangan pemuda setempat.

Krisdayadi akrab disapa Bang Codet, ketua KPPL Bojong Menteng Rawalumbu, menjelaskan mengenai upaya pengembangan Situ Rawagede, Minggu (8/9/2019) – Foto: Muhammad Amin

“Pengunjung di Situ Rawagede sekarang selain bisa menikmati fasilitas permainan air, bisa mendapatkan edukasi tentang lingkungan hidup seperti cara bercocok tanam hidroponik,” ungkap Krisdayadi, Ketua komunitas Kampung Peduli Pencemaran Lingkungan (KPPL) Bojong Menteng, Minggu (8/9/2019).

KPPL Bojong Menteng, hari ini sudah menerima kunjungan warga dari Kelurahan Aren Jaya dan Bekasi Jaya. Para ibu tersebut terlihat sangat antusias menerima materi dan penjelasan cara bercocok tanam serta menjaga lingkungan.

Codet, sapaan akrab Krisdayadi, mengatakan sampai saat ini kondisi Situ Rawagede masih dikelola secara mandiri oleh pemuda yang tergabung dalam KPPL Situ Rawa Gede Bojong Menteng.

Pemuda yang tergabung dalam KPPL Situ Rawa Gede Bojong Menteng tersebut secara bergantian membuat jadwal piket khusus dalam membersihkan, menjaga, merawat dan menciptakan lingkungan hidup yang beriman, bersih, indah dan nyaman.

“Sekarang Situ Rawa Gede Bojong Menteng sudah ada ladang bercocok tanam dengan semua jenis media tanam,” tandasnya mengatakan, semua yang dilakukan untuk menambah daya tarik lokasi wisata Situ Rawa Gede Bojong Menteng.

Ada pun media tanam yang bisa dinikmati pengunjung seperti hidroponik aquaponik, konvensional, tabulampot, rakit apung dan lainnya yang ditanam di sekitar lokasi situ Rawa Gede.

Pengunjung disamping menikmati panorama Situ Rawagede juga bisa mendapat edukasi pertanian khusus, bagi anak-anak dan masyarakat umum yang berminat mengembangkan sistem tanam alternatif bisa melaksanakan sendiri. Pengunjung juga bisa memetik sayur atau tanaman yang ada di Situ Rawa Gede.

Disamping itu KPPL juga menghadirkan sistem pembuatan pupuk kompos organik. Fasilitas di Situ Rawagede juga sudah terbangun musala, dan empat tempat toilet umum.

“Alhamdulillah, atas kepedulian pemuda dalam membangun wisata di tengah perkampungan, saat ini sedang pengembangan pembuatan sepuluh warung kuliner,” ungkapnya.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!