hut

Soto Banjar Amado Samarinda, Favorit Sejak 1984

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SAMARINDA – Soto merupakan jenis kuliner Nusantara yang tersedia hampir di seluruh daerah. Sajian berkuah berbumbu rempah itu mudah dijumpai di sebagian besar wilayah Indonesia.

Karena itu, masakan ini biasanya dikuti dengan nama daerah pembuatnya. Masyarakat Jakarta mungkin lebih familiar dengan Soto Kudus, Soto Boyolali, Soto Padang, Soto Lamongan, atau Soto Betawi.

Di Kalimantan Timur, Soto Banjar menjadi menu harian yang dinikmati untuk sarapan hingga makan malam. Soto Banjar memiliki rasa yang gurih dan segar jeruk nipis. Kuahnya dari santan kelapa yang sedikit bening dengan bumbu rempah yang gurih.

Suasana keakraban masyarakat yang menikmati kuliner Soto Banjar Amado, Sabtu (7/9/2019) – Foto: Ferry Cahyanti

Lauk yang disajikan bersama Soto Banjar terdiri dari suwiran ayam goreng kampung, potongan telur ayam, perkedel kentang, bawang goreng, dan bihun. Soto Banjar biasanya dinikmati dengan nasi putih atau ketupat.

Meski soto banjar sendiri masakan khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan, hidangan ini hampir mudah ditemukan di Kalimantan Timur. Lantaran sebagian besar masyarakat dari Suku Banjar tinggal di provinsi ini. Di Samarinda, ada satu warung Soto Banjar yang paling terkenal. Namanya warung Soto Banjar Amado.

Rumah makan ini berada di Jalan Diponegoro No. 45, Samarinda. Warung buka mulai jam 8 pagi sampai jam 11 malam, setiap hari. Warung ini didirikan oleh Haji Amat sejak tahun 1984. Karena ramainya pembeli, Amado juga membuka cabang di poros utama Samarinda-Balikpapan.

Ato, pelayan Amado yang bertugas meracik soto, Sabtu (7/9/2019) – Foto: Ferry Cahyanti

Ato, salah satu pelayan Amado mengungkapkan, tak hanya Soto Banjar, Warung Amado juga menyediakan varian lain. Seperti nasi sop, nasi goreng ayam, dan sate ayam.

Nasi sop ini sebenarnya tak jauh beda dengan Soto Banjar. Bedanya hanya pada menu utamanya. Jika Soto Banjar menggunakan ketupat, nasi sop adalah Soto Banjar dengan menu nasi putih.

Sedangkan nasi goreng ayam merupakan nasi goreng dengan lauk ayam yang utuh. Tidak disuwir seperti umumnya nasi goreng. Untuk menikmati sajian nikmat di warung Amado, pengunjung cukup menyiapkan Rp25 ribu untuk satu porsi.

Salah seorang pengunjung, Teddy mengatakan setiap berkunjung ke Samarinda selalu makan soto banjar yang ada di Amado ini.

“Biasanya saya pesan dengan sate. Soto banjarnya juga rasanya gurih, enak sekali dimakan saat lapar dan cuaca yang mendukung,” katanya yang datang bersama kerabatnya, Sabtu (7/9/2019).

Untuk harga masih terjangkau dan sesuai dengan kenikmatan rasa kulinernya.

“Sebandinglah sama rasa yang ditawarkan. Yang terpenting kalau ke sini (Samarinda) dapat makan soto ini,” ujar Teddy.

Lihat juga...