hut

Tantribali Lamo: TMII Museum Budaya

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan wahana konservasi budaya Indonesia. Dalam setahun, TMII menyajikan 1100 kegiatan kebudayaan.

“TMII adalah museum budaya Indonesia. Di TMII kita memiliki seluruh budaya Indonesia, dan tinggal satu anjungan yang belum ada yaitu Anjungan Kalimantan Timur,” kata Direktur Utama TMII,  Tantribali Lamo  kepada Cendana News, Kamis (19/9/2019).

Di setiap anjungan sebut dia, mereka  memiliki tempat berlatih kebudayaan dari masing-masing daerah. “Di TMII dalam setahun hampir 1100 kegiatan kebudayaan ditampilkan,” tandasnya.

Menurutnya, pengembangan dan pelestarian budaya ini memerlukan dukungan dari semua pihak agar kebudayaan Indonesia bisa menjadi anak sulung.

“Yakni, anak yang diperhitungkan di negara ini. Karena kita tidak boleh lagi tergerus oleh kebudayaan bangsa lain,” tukasnya.

TMII berkomitmen untuk merawat kebudayaan bangsa Indonesia dengan terus mengembangkan dan melestarikan.

Salah satu upaya yang dilakukan manajemen TMII, yakni dengan mengadakan pagelaran seni budaya. Seperti parade tari nusantara, parade musik daerah, festival dalang bocah dan sebagainya.

“Budaya Indonesia tetap yang terbaik ditampilkan di TMII,” tutupnya.

Lihat juga...