hut

Tekuk SPAL 2-0, Juventus Gusur Inter dari Puncak Klasemen Serie A

Editor: Mahadeva

Miralem Pjanic mencetak gol pembuka kemenangan Juventus atas SPAL pada lanjutan Serie A yang baru saja berakhir. Foto: @juventusfc / Sodik

TURIN – Juventus merangsek ke puncak klasemen sementara Serie A, setelah menghempaskan SPAL pada lanjutan Serie A di Allianz Stadium, Sabtu (28/9/2019) malam.

Dua gol dari Miralem Pjanic dan Cristiano Ronaldo cukup untuk mengangkat posisi La Vecchia Signora. Kemenangan atas SPAL membuat La Vecchia Signora mengemas 16 poin hasil dari enam laga. Posisinya, dibayangi Inter Milan di urutan dua yang hanya terpaut satu poin. Posisi Juventus terancam kembali tergusur, bila Inter sukses memecundangi Sampdoria.

Duel kedua tim memang tidak berimbang. Sepanjang sejarah, SPAL baru dua kali mengalahkan Juventus yaitu pada 1957 dan April lalu. Catatan itu terlihat dari start laga kedua tim. Juventus langsung berinisiatif menekan lawan.

Sejumlah peluang berhasil diciptakan namun belum berbuah gol. Sundulan Sami Khedira misalnya, masih melambung. Sementara tendangan Voli Cristiano Ronaldo masih melebar. Paulo Dybala juga gagal mencetak gol, sundulan Aaron Ramsey juga belum membuahkan hasil. Di akhir babak pertama, kerjasama apik Khedira dan Miralem Pjanik membuka peluang bagi Pjanic melepas tembakan voli dari jarak 20 meter. Tendangan tersebut mengubah skor di babak pertama menjadi 1-0.

Performa apik kiper SPAL, Berisha, berlanjut di babak kedua. Sejumlah penyelamatan dilakukan Berisha untuk memastikan tidak ada tambahan gol ke gawangnya. Salah satunya dengan mememantahkan sundulan Sami Kredira hasil kerjasama apik dengan Ronaldo.

Berisha kemudian melakukan penyelamatan gemilang dengan satu tangannya untuk mementahkan tendangan Dybala dan Ronaldo. Tendangan keras Ronaldo untuk kesekian kalinya, kembali dimentahkan Berisha. Menit 78, Ronaldo akhirnya mencatatkan namanya di papan skor. Menyambut umpan Dybala dari sisi kiri, bola diteruskan dengan sundulan kepala oleh Ronaldo dan melesat di antara kaki Berisha. Sang kiper nyaris saja menggagalkan sundulan tersebut.

Meski kebobolan dua gol, Berisha sangat layak menyandang status man of the match. Di akhir laga, ia kembali melakukan penyelamatan gemilang saat mementahkan tendangan voli Cristiano Ronaldo. Penyelamatan itu membuat gawangnya hanya kebobolan dua gol meski terus dihujani serangan dari Juventus.

Lihat juga...