hut

Tingkatkan Ekonomi Umat, MUI DKI Jakarta Gelar JIFEST

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta berupaya meningkatkan ekonomi umat dengan menyasar pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Ketua Umum MUI DKI Jakarta, KH Munahar Muchtar, mengatakan, untuk mewujudkan itu, pihaknya siap menggelar Jakarta Islamic Festival (JIFEST) dan Gema Muharram pada  21-22 September di lapangan Ahmad Yani, Jakarta Selatan.

“JIFEST dan Gema Muharram bertujuan untuk menjalin ukhuwah antar umat Islam dan meningkatkan ekonomi umat,” kata Munahar pada konferensi pers di Masjid Al Hikmah, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Acara ini merupakan agenda MUI DKI Jakarta dengan melibatkan berbagai pihak, utamanya para pelaku Usaha Kecil Menengah (UMKM).

Adapun target pelaksanaan kegiatan ini, jelas dia, adalah diharapkan acara ini menjadi model positif bagi MUI daerah lain. Sehingga pelaksanaan Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah lebih semarak.

Utamanya pula yakni untuk mengukuhkan ukhuwah antar ormas Islam. Juga untuk mengangkat kembali budaya lokal yang Islami dan mendukung program Gubernur DKI Jakarta.

Dalam upaya meningkatkan pengembangan UMKM, acara ini dimeriahkan dengan ekonomi dan seputar fatwa MUI serta sertifikasi halal Lembaga Pengkajian Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI.

“Kami punya komitmen menyelamatkan konsumen muslim atas sesuatu yang dilarang oleh agama,” ujar Munahar.

Seminar narkoba juga akan dihadirkan pada acara ini dengan tujuan untuk edukasi bagi umat Islam.

Acara ini dimeriahkan dengar pameran kaligrafi, lomba lomba mewarnai TK PAUD se-DKI Jakarta, musik Gambus dan Gambang Kromong, dan takbir akbar. “Untuk bazar melibatkan 70 booth UMKM,” ujarnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan siap membuka dan memberikan santunan kepada sekitar 100 anak yatim, ada pula pemberian sertifikat halal kepada pelaku UMKM.

Lihat juga...