hut

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Sekolah di Taliabu Peroleh Bantuan Internet

TERNATE  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Taliabu, Maluku Utara (Malut), peroleh bantuan jaringan internet untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di kabupaten itu agar siswa lebih giat dalam proses belajar.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan (Disdik) Pulau Taliabu, Sehat Umagap, melalui siaran pers di Ternate, Minggu, menyatakan, Disdik setempat telah memberikan 34 bantuan berupa layanan jaringan internet di setiap sekolah, agar sekolah yang melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK), di tahun 2020 nantinya akan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Jaringan internet itu saat ini sudah dipasang di sekolah-sekolah yang ada di Taliabu bagian Utara dan Timur, sehingga dari 34 layanan jaringan internet 11 sudah selesai dipasang,” ujarnya.

Dia menyebut, dari 34 layanan jaringan internet yang sudah diberikan di sekolah-sekolah itu baru tahap awal dan mulai dari tingkat sekolah dasar (SD), sampai pada sekolah tingkat SMP di kabupaten itu mendapatkan semua layanan jaringan internet.

Pihaknya mengakui, jaringan layanan internet yang telah diperoleh bukan bantuan dari Kementerian, tetapi jaringan internet yang didapatkan itu dari salah satu perusahaan swasta. Meski tidak menyebut nama dan asal perusahaan swasta tersebut, tapi tujuan adalah dengan adanya bantuan internet seperti ini mempermudah proses kerja dalam menghadapi UNBK di 2020.

Dia menambahkan, ada juga sebagian sekolah di sana yang sudah memiliki ruang laboratorium, atau ruang komputer yang begitu lengkap, namun belum juga bisa dioperasikan.

“Sebab, terkendala oleh jaringan internet, sehingga mereka tidak bisa melaksanakan UNBK, harapannya semoga dengan adanya layanan jaringan internet seperti ini para siswa akan lebih giat lagi dalam proses belajar,” jelasnya. (Ant)

Lihat juga...