TMMD di Sambas Percepat Pembangunan

PONTIANAK – Bupati Sambas, Kalimantan Barat, Atbah Romin Suhaili, menyambut baik sekaligus mengapresiasi kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 Tahun Anggaran 2019 TNI Angkatan Darat, yang menyasar di dua desa di Kecamatan Sajad.

“Dengan TMMD yang akan digelar pada Oktober mendatang di Desa Mekar Jaya dan Desa Jirak, membuktikan negara hadir di tengah-tengah kita.TMMD ini harus kita syukuri, negara, pemerintah, TNI AD hadir mempercepat pembangunan di daerah,” ujar Atbah, saat dihubungi di Sambas, Sabtu (14/9/2019).

Atbah menyebutkan, sasaran TMMD di Sajad tersebut membangun akses untuk kendaraan roda empat yang masih terbatas. Dengan adanya TMMD di kecamatan Sajad, diyakini bisa menambah banyak manfaat baik bagi masyarakat setempat. Masyarakat diharapkan mendukung penuh kegiatan TMMD yang akan digelar nanti.

“Tujuan penting dari hasil kegiatan TMMD adalah manfaat pembangunan benar-benar dirasakan oleh masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Dandim 1202 Skw, Letkol Arm Victor Jacob Lucas L, mengatakan, TMMD ini adalah momentum mendekatkan TNI hadir di tengah-tengah masyarakat.

“TNI selalu mendukung pembangunan nasional dan daerah atau mensinergikan TNI Pemda dan masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, tNI akan hadir membangun Indonesia dengan semangat dan nilai kemanunggalan TNI.

“Dulu namanya ABRI masuk desa, sekarang Tentara Manunggal Membangun Desa. Ini merupakan agenda dari TNI AD untuk bersinergi membangun negeri,” katanya.

Ia meminta agar masyarakat juga ikut terlibat aktif dalam TMMD nanti. Masyarakat bisa menggali banyak informasi dan pengetahuan melalui penyuluhan-penyuluhan dari unit kerja yang ikut serta menyemarakkan TMMD.

“Selain pembangunan fisik, TMMD juga ada kegiatan nonfisik, seperti penyuluhan hukum dan lainnya,” katanya.

Untuk mematangkan persiapan TMMD di Desa Mekar Jaya dan Desa Jirak  itu, Bupati Sambas, Dandim 1202 Skw, Kadis PUPR, Camat Sajad bersama jajarannya telah memantau lokasi di dua desa dimaksud.

Pimpinan dua institusi tersebut langsung melakukan pengecekan badan jalan yang akan dibangun dengan berjalan kaki. Selain memantau lokasi, bupati dan Dandim melakukan komunikasi dengan warga di dua desa. Silaturahmi dengan warga digelar di ruang pertemuan balai di Desa Mekar Jaya dan Jirak. (Ant)

Lihat juga...