hut

UMP Wisuda 1.540 Mahasiwa, Terbanyak Sepanjang Sejarah

Editor: Mahadeva

PURWOKERTO – Wisuda ke-63 di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Sabtu (28/9/2019), menjadi wisuda bersejarah bagi kampus tersebut. Jumlah wisudawan yang mencapai 1.540 orang, menjadi yang terbanyak di sepanjang sejarah UMP berkiprah.

Ribuan wisudawan tersebut diklaim siap untuk berkiprah dan bersaing, sebab mereka dibekali dengan keunggulan masing-masing, sesuai dengan bidang keilmuannya. Rektor UMP, Dr Anjar Nugroho, mengatakan, selama ini dalam penyelenggaraan pendidikan di masing-masing fakultas dan prodi, pihaknya selalu menekankan agar semua memiliki keunggulan khusus.

Pihak universitas memberikan hibah dan keleluasaan pada masing-masing fakultas dan prodi, untuk membuat program yang mempertajam keunggulan. “Ini merupakan bentuk komitmen kami, agar lulusan UMP memiliki keunggulan sesuai dengan bidangnya. Sehingga semua fakultas dan prodi kita dukung untuk mengembangkan keunggulan secara maksimal,” terang Anjar usai acara wisuda tersebut, Sabtu (28/9/2019).

Dengan kebijakan tersebut, saat ini seluruh fakultas dan prodi di UMP sudah memiliki keunggulan masing-masing. Seperti untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), memiliki keunggulan sebagai pusat inovasi pendidikan berbasis IT dan multimedia.

Kemudian Fakultas Agama Islam, memiliki keunggulan sebagai pusat pendidikan kader tabligh dan tarjih Muhammadiyah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis memiliki keunggulan di bidang pengembangan technopreneur dan bisnis e-commerce, sementara  Fakultas Pertanian unggul sebagai pusat pengembangan tanaman pangan tropis dan tanaman herbal.

Di Kabupaten Banyumas dan sekitarnya, Fakultas Psikologi UMP juga dikenal sebagai pusat pelatihan motivasi. Sementara untuk Fakultas Teknik dan Sains, mempunyai keunggulan dalam pengembangan forensic digital, robotika, dan polimer sebagai bahan kesehatan dan  Sastra memiliki keunggulan dalam bidang bilingual digital literasi.

Lihat juga...