hut

Utamakan Layanan Cepat, Bupati Banjarnegara Larang RSUD Bedakan Pasien

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANJARNEGARA – Sikap tegas ditunjukkan Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, dengan memberikan peringatan keras kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) untuk tidak membeda-bedakan pelayanan terhadap pasien karena status sosial pasien.

Menurutnya, tugas utama RSUD adalah memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik dan tercepat kepada seluruh pasien.

“Semua petugas di dunia kesehatan dituntut bersikap baik dan ramah terhadap pasien dan jangan pernah membeda-bedakan pasien dari status sosialnya, karena itu bisa berakibat fatal. Utamakan kecepatan dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap semua pasien yang datang,” tegas Bupati usai melantik Dewan Pengawas pada Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Hj Anna Lasmanah Banjarnegara, periode 2019-2024, Kamis (19/9/2019).

Perbaikan pelayanan tanpa membedakan status sosial ini, lanjut Budhi Sarwono mutlak harus dilakukan, sebab pemerintah daerah juga terus berupaya untuk meningkatkan infrastruktur kesehatan.

Pemkab juga siap untuk melakukan revitalisasi dan perbaikan pos-pos layanan kesehatan yang dianggap perlu dilakukan.

Sehingga semua upaya dari pemkab tersebut, harus berkesinambungan dengan peningkatan pelayanan dari pihak RSUD.

“Perbaikan sarana dan prasarana kesehatan itu dilakukan pemerintah daerah, ya untuk rakyat, jadi RSUD juga harus memiliki semangat melayani yang sama,” terangnya.

Sementara itu, terkait pembentukan Dewan Pengawas di RSUD Hj Anna Lasmanah Banjarnegara ini, Bupati menjelaskan, tugas dari Dewan Pengawas adalah mengawasi jalannya pelayanan rumah sakit.

Pengawasan bukan hanya pada manajemen rumah sakit, serta perlengkapan peralatan dan fasilitas pelayanan kesehatan. Tetapi, juga pengawasan terhadap pelayanan dan perawatan pasien.

“Dewan Pengawas yang dibentuk, juga diharapkan dapat memberi rekomendasi atas hasil penilaian dan memberi masukan kepada pejabat pengelola BLUD dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, serta memberi saran dan pendapat apabila terdapat permasalahan yang menjadi kendala dalam pengelolaan BLUD,” pesan Bupati.

Pejabat yang dilantik sebagai Dewan Pengawas yaitu, Yusuf Agung Prabowo SH, M.Si yang diangkat sebagai Ketua Dewan Pengawas, kemudian Rida Setya Wardani SE. M.Si sebagai Sekretaris Dewan Pengawas dan dua anggota Dewan Pengawas yaitu Dr Icuk Rangga Bawono SH, SE, M.Si dan Mohammad Iqbal.

Direktur RSUD Hj Anna Lasmanah Banjarnegara, dr. Erna Astuti mengatakan, Dewan Pengawas pada RSUD Hj Anna Lasmanah dilantik berdasarkan SK Bupati Banjarnegara Nomor 445/920 tahun 2019.

Tupoksinya antara lain memantau perkembangan kegiatan BLUD, menilai kinerja keuangan maupun non keuangan dan melakukan monitoring tindak lanjut evaluasi penilaian kinerja.

“Dengan adanya Dewan Pengawas ini semoga RSUD bisa memberikan kinerja pelayanan dengan lebih baik,” pungkasnya.

Lihat juga...