hut

Wabup Flotim Raih Penghargaan Anugerah Pendidikan Indonesia

Editor: Koko Triarko

LARANTUKA – Wakil Bupati Flores Timur (Flotim) Nusa Tenggara Timur, Agustinus Payong  Boli, merupakan satu-satunya pejabat di NTT yang mendapat penganugerahan nasional API.

Anugerah Pendidikan Indonesia (API) adalah ajang tahunan yang diselenggarakan Ikatan Guru Indonesia (IGI). Anugerah ini diberikan kepada pejabat pemerintah, tokoh masyarakat dan individu yang dinilai berkontribusi pada kemajuan pendidikan di Indonesia.

“Melalui seleksi yang cukup ketat oleh IGI Pusat, telah dipilih Agustinus Payong Boli, SH., untuk mendapat penghargaan. Dirinya dinilai layak dan berhak menerima penghargaan ini,” kata Sekretaris IGI Flotim, Damsianus Sepulo Tukan, Senin (23/9/2019).

Sekretaris Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Flores Timur, Damsianus Sepulo Tukan, SP.d., -Foto: Ebed de Rosary

Menurut Damsil, wakil bupati Flotim dinilai sebagai pejabat publik yang berdedikasi tinggi, serta konsisten memajukan pendidikan dan mendukung IGI dalam upaya meningkatkan kompetensi guru.

Penghargaan ini diberikan pada Jumat (20/9/2019) di Jakarta, di arena pameran dan konferensi pendidikan Internasional Global Education Supllies and Solution (GESS).

“Ada dua alasan Wabup Flotim mendapatkan penghargaan nasional API. Pertama, meski terlahir dari keluarga miskin dirinya berjuang mengenyam pendidikan yang layak dengan kerja keras,” terangnya.

Agus Boli, sapaan wakil bupati Flotim, setelah tamat SMA memilih menjadi menjadi TKI di Malaysia demi mencari uang untuk biaya kuliah. Dirinya harus bekerja dahulu dan mengumpulkan uang baru lanjut kuliah.

Ke dua, Agus Boli sebelum dan semenjak menjabat anggota DPRD Flotim, berjuang mendorong dan mendirikan sekolah-sekolah filial di pedalaman Adonara Barat dan Adonara Tengah.

“Dirinya selalu menemui dan berdiskusi dengan guru- guru terpencil untuk menguatkan dan mendorong peningkatan kompetensi guru. Setiap waktu, dia selalu rela berdiskusi dengan guru-guru kapan dan di mana pun,” terangnya.

Ketua IGI Flotim, Frans Berek, turut mengungkapkan kebahagiaannya atas API yang diberikan kepada wakil bupati Flotim ini. Menurutnya, IGI Flotim turut berbangga atas API yang diterima oleh Wabup, Agus Boli.

Kegiatan IGI Flotim selama ini, tambah Frans, Agus Boli selalu memberikan support. Baginya, wabup Flotim di usianya yang masih 37 tahun, bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda Lamaholot.

“Beliau bisa memberi inspirasi bagi generasi muda di Flotim untuk tidak pernah menyerah dalam melanjutkan pendidikannya, apa pun latar belakang kehidupan ekonomi kita,” ujarnya.

Lihat juga...