hut

Warung Cerdas Damandiri Segera Hadir di Kedungkandang

Editor: Koko Triarko

MALANG – Tidak lama lagi, Desa Mandiri Lestari (DML) melalui Koperasi Unit Desa (KUD) Suluh Sejahtera Mandiri, akan menghadirkan Warung Cerdas bagi warga di Kelurahan/Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Manajer umum KUD Suluh Sejahtera Mandiri, Dian Novianti Widiasari, mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan pendataan anggota koperasi yang memiliki usaha warung, kerajinan maupun produk lainnya.

“Kita melakukan pendataan kepada anggota koperasi yang jumlahnya sekarang sudah mencapai 825 anggota, untuk kemudian dimasukkan ke dalam format yang telah ditetapkan Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri). Dari pendataan tersebut, akan diketahui berapa jumlah warung yang ada dan bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk mensuplai warung-warung dari warga,” terangnya, saat ditemui di kantornya.

Rencananya, kata Dian, nantinya kebutuhan anggota, seperti gula, beras, tepung, minyak, telur dan kebutuhan warung yang lainnya akan dipenuhi, sehingga anggota tidak perlu membeli di tempat lain. Cukup membeli di warung cerdas.

Selain itu, menurut Dian, warung cerdas juga akan dijadikan sebagai tempat untuk mendisplai produk kerajinan maupun produk-produk lain dari warga, khususnya aggota koperasi. Harapannya, dengan begitu, produk dari para anggota bisa lebih dikenal masyarakat luas, karena selama ini kebanyakan produk mereka hanya dikenal oleh warga sekitar.

“Sedangkan bagi koperasi sendiri, dengan mendisplai hasil produk dari anggota, kita bisa mendapatkan fee dari selisih harganya. Tapi kita tidak akan mengambil untung banyak, supaya harganya tetap terjangkau dan produknya banyak yang terjual. Kalau kita mengambil keuntungannya sedikit, tapi yang beli banyak kan hasilnya banyak juga, yang penting dikenal dulu produknya,” ungkapnya.

Kemudian, pihaknya juga akan membuat produk-produk yang bisa dibeli oleh orang luar selain anggota, bisa berupa makanan atau minuman.

Menurut Dian, keberadaan warung cerdas memang sangat diperlukan, karena dampak dari adanya warung cerdas itu, koperasi punya sumber pendapatan tidak hanya dari simpan pinjam, tetapi juga dari warung cerdas tersebut.

“Untuk lokasi tempat warung cerdas, kita masih melakukan survei. Sudah ada dua tempat yang kita lihat untuk dijadikan warung cerdas. Insyaallah tahun depan Warung Cerdas sudah bisa terealisasikan,” pungkasnya.

Lihat juga...