hut

100 Warga Desa Cilongok Mendapat Bantuan Modal Kita dari Damandiri

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

BANYUMAS — Sebanyak 100 orang warga Desa Cilongok, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas mendapatkan kucuran kredit dari program Modal Kita, Yayasan Damandiri. Bantuan tersebut diperuntukan bagi warga yang sudah memiliki usaha dan yang akan memulai usaha baru.

Manager Modal Kita di Koperasi Utama Sejahtera, Nur Aini Dian Lestari saat menjelaskan tentang pencairan kredit Modal Kita di Banyumas, Senin (28/10/2019). (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Manager Modal Kita di Koperasi Utama Sejahtera, Nur Aini Dian Lestari mengatakan, pencairan kredit Modal Kita mulai tanggal 11 Oktober kemarin dan untuk gelombang pertama ada 100 orang. Awalnya, pihak koperasi mengajukan 121 orang, namun setelah dilakukan vefifikasi, hanya 100 orang yang dinyatakan memenuhi syarat.

“Jadi ada beberapa kriteria atau persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kredit Modal Kita, antara lain penerima bantuan harus dari kalangan keluarga pra sejahtera, itu menjadi syarat mutlak. Setelah itu baru dilakukan verifikasi terhadap usahanya,” jelas Nur Aini, Senin (28/10/2019).

Besaran kredit yang diberikan Rp 2.000.000 per orang dan pecairannya melalui kelompok. Jadi 100 orang penerima kredit ini, terbagi dalam sepuluh kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan sepuluh orang. Untuk pembayarannya, mulai bulan November dan per orang dikenakan cicilan sebesar Rp 196.000 per bulan. Cicilan kredit tersebut dibayarkan selama satu tahun ke depan.

Lebih lanjut Nur Aini menjelaskan, ada dua kategori keluarga pra sejahtera yang bisa mendapatkan bantuan kredit, yaitu pertama yang sudah memiliki usaha kecil dan butuh bantuan tambahan modal. Dan kategori kedua, yang belum memiliki usaha, namun berniat untuk membuka usaha. Dengan catatan, jenis usahanya sudah direncanakan dengan matang.

Untuk penerima yang sudah memiliki usaha, bantuan kredit diberikan secara tunai. Sementara untuk penerima yang baru akan memulai usaha, bantuan diberikan dalam bentuk barang dan jika masih ada sisanya baru diberikan dalam bentuk uang tunai.

“Besarnya kredit Rp 2.000.000, untuk usaha baru, kita belikan barang-barang kebutuhan untuk memulai usaha. Misalnya untuk beli panci, kompor gas dan peralatan lainnya. Jika pembelian peralatan kurang dari Rp 2.000.000, maka sisa uang akan kita berikan kepada penerima kredit. Untuk penerima kredit yang sudah memiliki usaha, bantuan kredit diberikan dalam bentuk uang tunai,” jelasnya.

Jika pada tahap bantuan pertama, kelompok tersebut bisa menyelesaikan angsuran pinjaman secara tepat waktu, maka dibuka kesempatan untuk mengajukan pinjaman kedua dengan plafon yang lebih besar.

Salah satu penerima bantuan kredit Modal Kita, Ibu Aminah mengaku sangat senang dengan kredit yang diterimanya. Sebab, sangat berguna untuk menambah modal dagangannya. Mekanisme pencairannya juga mudah, tidak perlu menggunakan jaminan kredit dan cepat cair.

“Tidak perlu pakai jaminan-jaminan, kreditnya langsung cair dan pembayaran cicilannya sangat ringan,” katanya.

Lihat juga...