hut

50 Santri Terbaik Jabar Ikuti Porsadin ke-IV di Babel

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANDUNG – Provinsi Jawa Barat mengirimkan kontingen terdiri dari 50 santri terbaiknya untuk berlaga pada Pekan Olahraga Santri Madrasah Diniyah (Porsadin) ke-IV Tingkat Nasional di Bangka Belitung (Babel).

Mereka dilepas langsung oleh Panglima Santri, sekaligus sebagai Wakil Gubernur Jabar, Uu Rushanul Ulum, ditandai dengan penyerahan bendera Jabar kepada ketua Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Jabar, Atep Abdul Gofar, selaku pimpinan kontingen Jabar.

“Mudah-mudahan tahun ini Jabar bisa juara lagi, ya. Kita harus optimis dan berjuang keras,” kata Uu Ruzhanul usai melepas kontingen Jabar, di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (23/10/2019).

Dikatakan saat dua gelaran sebelumnya, Jabar gagal keluar sebagai juara umum. Namun, pada gelaran pertama di Jakarta, Jabar berhasil pulang sebagai juara.

Menurut Uu, Porsadin dapat menjadi tempat bagi para guru Madrasah Diniyah untuk melihat kemampuan para santrinya. Mulai dari pendidikan agama, olahraga, sampai seni.

“Dengan Porsadin murid-murid Madrasah Diniyah diuji kemampuannya. Bukan hanya kemampuan bidang pendidikan ukhrowi yang biasa diberikan, tapi ada juga jasmaninya serta seni. Kemudian selain silaturahmi juga menjadi bahan evaluasi untuk para guru,” katanya.

“Ini kegiatan yang luar biasa diselenggarakan mulai di tingkat daerah oleh FKDT Jabar yang kemudian diseleksi dan terpilih untuk mewakili Jabar di Porsadin tingkat nasional. Menurut catatannya jumlah murid Madrasah Diniyah di Jabar sebanyak 1,5 juta orang, ini luar biasa,” imbuhnya.

Porsadin ke-IV Tingkat Nasional akan digelar di Pondok Pesantren Al Islam Kemuja Mendobarat, Bangka Belitung, pada 24-27 Oktober 2019. Gelaran yang diinisiasi oleh FKDT Pusat dan Kementerian Agama RI ini akan diikuti oleh perwakilan Madrasah Diniyah dari 34 Provinsi se-Indonesia.

Ketua DPW FKDT Jabar, Atep Abdul Gofar, mengatakan, Jabar mengikutsertakan 50 santri terbaik. Menurut dia, kontingen Jabar termotivasi untuk meraih gelar juara pada Porsadin kali ini. Terlebih, Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar memberikan dukungan.

“Pernah jadi juara umum menjadi salah satu motivasi bagi kami untuk kembali menjadi juara umum di Porsadin ke-4 ini apalagi kami sekarang mendapat suntikan motivasi dari Pak Wagub Jabar sekaligus dilepas di Gedung Sate,” kata Atep.

Menurut Atep, FKDT Jabar mengelola seluruh Madrasah Diniyah di berbagai tingkatan. “Kebetulan FKDT juga sudah terbentuk sampai tingkat Randes atau ranting desa bukan hanya kabupaten kota, jadi kami ingin berkontribusi mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin,” ucapnya.

Lihat juga...