hut

Animo Masyarakat Terhadap Sains, Meningkat

Editor: Koko Triarko

TANGERANG – Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Laksana Tri Handoko, menyatakan, animo masyarakat terhadap sains terlihat bertambah dengan meningkatnya jumlah pengunjung di acara Indonesia Science Expo (ISE) 2019.

“Diharapkan, dengan makin sering diselenggarakannya pameran sains serupa, akan mampu meningkatkan literasi sains di masyarakat,” kata Laksana, saat penutupan ISE 2019 di ICE BSD Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (26/10/2019).

Menurut Laksana Tri Handoko, dalam kegiatan ISE 2019, terlihat peningkatan keterlibatan masyarakat secara aktif dalam setiap kegiatan.

Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Laksana Tri Handoko, saat ditemui usai acara ISE 2019 di ICE BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (26/10/2019). –Foto: Ranny Supusepa

“Semoga dengan ajang seperti ini, kesadaran dari publik tentang pentingnya sains dan teknologi dapat mendorong kepedulian mereka dalam merespons isu yang ada di sekitarnya, dengan menggunakan sains dan teknologi,” kata Laksana.

Ia juga mengharapkan ajang ini dapat meningkatkan interaksi para inovator, peneliti dan perekayasa dengan rekan multidisiplin ilmu, masyarakat dan pihak industri.

“Saya berpesan, agar semua inovator muda jangan berhenti hanya di ajang ini saja. Tapi, harus terus berkreasi dan berkarya,” ujarnya, lebih lanjut.

Ragam penelitian, menurut Laksana, juga makin bervariasi. Terlihat dari beberapa karya para peserta yang menggali masalah-masalah umum yang di masyarakat.

“Salah satunya itu pengecekan kanker serviks dengan menggunakan panty liner. Itu baru kali ini terlihat. Dan, saya melihatnya sebagai suatu hal yang sangat menarik,” ucap Laksana.

Pada penutupan ISE 2019,  juga diumumkan pemenang Lomba Karya Ilmiah 2019 dan National Young Investor Award 2019.

“Pemenang LKIR tahun ini akan direkomendasikan untuk berkompetisi ke ajang International Science and Engineering Fair (ISEF) 2020 di Annaheim, California, Amerika Serikat dan bagi pemenang NYIA direkomendasikan untuk berkompetisi ke Kazan, Rusia untuk mengikuti ajang International Exhibition for Young Inventor (IEYI) 2020,” kata Laksana.

Lihat juga...