hut

Aparat Gabungan di Madiun Gotong Royong Bersihkan Sungai

MADIUN  – Gabungan anggota TNI, Polri, Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur bersama masyarakat setempat bergotong royong membersihkan sampah di aliran Bengawan Madiun yang melintasi wilayah setempat, Jumat.

Komandan Korem 081/DSJ, Kolonel Inf Masduki, mengatakan, kegiatan membersihkan sungai oleh personel gabungan tersebut merupakan wujud pengabdian Korem 081/DSJ terhadap masyarakat, bangsa, dan negara dalam rangka peringatan HUT ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Kami bekerja sama dengan Polri, pemkot, dan masyarakat untuk membersihkan sampah di Bengawan Madiun. Di antaranya membersihkan bambu-bambu yang banyak nyangkut di pondasi jembatan serta sampah plastik. Satu per satu ditarik dari sungai ke daratan,” ujar Kolonel Masduki kepada wartawan.

Ia menjelaskan, selain bagian dari kegiatan peringatan HUT TNI, agenda bersih-bersih sungai tersebut juga sebagai upaya pencegahan banjir saat musim hujan tiba.

Sebab, sampah-sampah tersebut jika tidak dibersihkan dapat menghambat aliran air sungai hingga menimbulkan genangan yang meluber ke permukiman dan rumah warga.

“Hasilnya, limbah bambu terkumpul dua truk, namun belum semuanya kami angkut. Harapannya bisa ditarik semua ke daratan sehingga bisa melancarkan arus air sungai dan limbah bambu tersebut dapat digunakan oleh warga yang bersedia,” kata dia.

Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Kota Madiun, Agus Hariono mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti kegiatan bersih-bersih sungai tersebut. Nantinya limbah bambu dan sampah di aliran Bengawan Madiun akan dibersihkan secara berkala.

Nantinya setiap hari akan ada petugas sebanyak enam hingga tujuh orang yang membersihkan sampah supaya tidak menumpuk.

“Sebab, kalau tidak ditangani secara berkala, sampah akan menimbun di bawah jembatan dan bisa berakibat fatal,” katanya.

Dalam kegiatan bersih-bersih sungai tersebut, sekitar 700 personel gabungan turut terlibat. Mereka berasal dari Korem 081/DSJ beserta Satdisjan, Kodim 0803/Madiun, Polres Madiun Kota, Satpol PP, Petugas Kebersihan Kota Madiun, serta masyarakat. (Ant)

Lihat juga...