hut

Cegah Banjir, Pemkot Wajibkan Perumahan di Balikpapan Miliki Penampungan Air

Editor: Mahadeva

BALIKPAPAN – Untuk mencegah banjir, Pemerintah Kota Balikpapan siap mengeluarkan kebijakan yang mewajibkan perumahan atau pengembang, membuat penampungan air di tiap rumah (Groundtank).

“Kami harapkan perumahan baru punya penampungan demikian. Minimal punya 5 kubik, apalagi air hujan aman,” ungkap Wakil Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud pada pertemuan dengan masyarakat Daerah Aliran Sungai (DAS) yang dihadiri Kepala Eko Region Kalimantan, Nunu Anugerah, dan Ketua Forum DAS Kaltim Mislan, Kamis (17/10/2019).

Kebijakan tersebut sejalan dengan penerapan konsep TRAP (Tampung, resap, Air dan pelihara). Untuk mencegah banjir di kota bartajuk Madinatul Iman, bukan hanya sekedar jargon tetapi harus dicarikan solusi. Kontur tanah di Balikpapan berbukit-bukit, sehingga diperlukan konsep yang matang untuk mengendalikan banjir.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Balikpapan, Suryanto, mengatakan, pembuatan sarana penampungan air sudah diterapkan di dua perusahaan di Balikpapan. “Upaya dan akselerasi penanganan banjir dengan pembangunan kalah cepat. Upaya sudah tetapi lambat mengatasinya,” ujarnya.

Lihat juga...