hut

Dinas Pengendalian Penduduk di Palembang Gencar Sosialisasikan KB

PALEMBANG – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Sumatera Selatan, gencar melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesadaran warga kota setempat untuk mengikuti program Keluarga Berencana (KB) sebagai salah satu upaya mengendalikan laju pertumbuhan penduduk setempat dan meningkatkan kesejahteraan.

Untuk meningkatkan kesadaran ber-KB warga Bumi Sriwijaya ini, akan terus digalakkan kegiatan yang dapat meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya program keluarga berencana, kata Kepala Dinas PPKB Edwin Effendi, di Palembang, Selasa.

Kesadaran warga Palembang untuk mengikuti program Keluarga Berencana (KB) cukup tinggi, kondisi yang baik itu perlu terus ditingkatkan sehingga dapat dicegah terjadi laju pertumbuhan penduduk secara besar-besaran.

Untuk meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya program KB, pihaknya berupaya menggalakkan sosialisasi dan melakukan pelayanan KB gratis di sekitar kawasan permukiman penduduk terutama yang tergolong berpenduduk padat.

“Melalui upaya tersebut diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran warga kota ini menyukseskan program Keluarga Berencana untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Ia menjelaskan, beberapa waktu lalu pihaknya telah menggelar pelayanan KB gratis di sejumlah kecamatan dan kawasan permukiman penduduk.

Pelayanan KB yang diberikan kepada warga kota seperti program KB suntik, KB implant, dan program KB kondom.

Selain pelayan KB gratis, pada kesempatan itu juga pihaknya melakukan kegiatan sosialisasi dan pemeriksaan kesehatan pada wanita dewasa untuk mengetahui atau mendeteksi adanya kanker rahim atau biasa disebut dengan “papsmear”. (Ant)

Lihat juga...