Dinkes Rejang Lebong Targetkan 21 Puskesmas jadi BLUD

REJANG LEBONG – Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menargetkan 21 Puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu menjadi badan layanan umum daerah (BLUD).

“Pada 2020 kita targetkan 21 Puskesmas di Rejang Lebong ini semuanya sudah menjadi BLUD, untuk yang saat ini sudah ada dua Puskesmas yang menjadi BLUD, sedangkan yang lainnya akan kita targetkan tahun depan,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Syamsir, saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu (27/10/2019).

Ada pun dua Puskesmas yang sudah menjadi BLUD tersebut, ialah Puskesmas Curup Kota di Kecamatan Curup dan Puskesmas Perumnas di Kecamatan Curup Tengah.

Sedangkan 19 Puskesmas lainnya saat ini masih dalam proses persiapan guna menjadi BLUD, sehingga nantinya masing-masing Puskesmas bisa mengelola keuangan, mulai dari perencanaan sampai dengan pengeluaran.

Untuk mempersiapkan perubahan status menjadi BLUD, pihaknya sudah memberikan pelatihan dan bimbingan teknis penyusunan dokumen, sehingga diharapkan kedepannya akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, dari 21 Puskesmas di Rejang Lebong saat ini kata dia, baru ada tujuh Puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap, yakni Puskesmas Bangun Jaya di Kecamatan Bermani Ulu Raya dan Puskesmas Air Pikat di Kecamatan Bermani Ulu.

Selanjutnya, Puskesmas Kecamatan Padang Ulak Tanding, Puskesmas Kota Padang, Puskesmas Sindang Dataran, Puskesmas Sindang Jati di Kecamatan Sindang Kelingi dan Puskesmas Kecamatan Binduriang.

“Kalau keinginan pak bupati, dari 21 Puskesmas yang tersebar dalam 15 kecamatan ini di setiap kecamatan memiliki Puskesmas rawat inap. Saat ini kita sudah siapkan empat Puskesmas lainnya untuk dijadikan Puskesmas rawat inap, yakni Puskesmas Watas Marga, Sambirejo, Tanjung Agung dan Puskesmas Sindang Beliti Ilir,” ujar dia. (Ant)

Lihat juga...