Efisiensi Biaya Pengeboran, Blok Mahakam Gunakan Fluida SF-05

Editor: Mahadeva

BALIKPAPAN – Tingkatkan produksi dan efisiensi biaya pengeboran di Blok Mahakam, Pertamina mengirimkan Smooth Fluid (SF)-05.

Penggunaan SF-05, menjadi sinergi bisnis antara Direktorat Pemasaran Korporat, RU V Balikpapan dan Pertamina Hulu Mahakam (PHM). SF-05 merupakan fluida pengeboran berbasis treated-oil (Synthetic oil-based mud) yang digunakan untuk meningkatkan kinerja aktivitas pengeboran minyak di Blok Mahakam.

Produk tersebut telah memenuhi standar kualitas, baik yang ditetapkan SKK Migas maupun PHM. “Tingkat komponen dalam negeri (TKDN) pada produk SF-05 mencapai 57 persen, dan penuhi ketentuan Peraturan Menteri ESDM Nomor 15 Tahun 2013 tentang penggunaan produk dalam negeri pada kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi, sinergi perusahaan dan anak perusahaan,” kata Direktur Pemasaran Korporat PT Pertamina (Persero), Basuki Trikora  Putra, Rabu (23/10/2019).

SF-05 akan mulai digunakan pada lima sumur di Blok Mahakam, yang di bor pada periode Oktober 2019 hingga Februari 2020. Total kebutuhan SF-05 sebesar 1.500 KL, yang akan dikirim dalam tiga tahap yaitu 700 KL pada tahap perdana, 400 KL pertengahan November dan terakhir sebanyak 400 KL pada Desember 2019.

Penggunaan produk SF-05 didukung penuh oleh SKK Migas. Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai Analisis Biaya SKK Migas, Widi Santuso, mengatakan, penggunaan produk dalam negeri harus didukung dalam hal ini adalah produk dari Pertamina.  “Penggunaan produk dalam negeri diharapkan dapat mendukung kegiatan optimasi produksi di kegiatan hulu migas. Sekaligus, menciptakan penghematan biaya operasi sesuai dengan kaidah keteknikan yang baik dan aman,” ujarnya.

SKK juga mendorong perusahaan migas dalam negeri menggunakan produk yang diciptakan Indonesia. Direktur PHM, Danar Dojoadhi, menambahkan, dari perhitungan yang dilakukan, kebijakan tersebut bisa menghemat 12 persen. Bahkan sisi lokasi juga lebih dekat.  “Pengeboran juga tergantung kedalam sumur. Dipastikan lebih hemat, kemudian lokasinya juga dekat,” pungkasnya.

Lihat juga...