hut

Festival Kampung Akuarium, Dorong Masyarakat Kurangi Plastik

JAKARTA  – Festival Kampung Akuarium di Jakarta Utara mengajak warga untuk mengurangi penggunaan sampah plastik sebagai upaya menjaga lingkungan.

“Festival hari ini puncak dari sembilan minggu warga diberikan pendidikan mengenai lingkungan dan pemberdayaan kewirausahaan,” kata Ketua Penyelenggara, Ellen Septianne di Jakarta, Minggu.

Kampung Akuarium berada di RT 1 dan RT 12 di RW 004, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Kampung Akuarium dengan batas bagian utara Laut Pulau Jawa, bagian timur Pelabuhan Sunda Kelapa, bagian selatan Pasar Hexagon dan bagian barat kali dan kampung luar batang, dengan luas wilayah 10.384 meter persegi.

Lokasi itu merupakan wilayah yang digusur pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada akhir 2016 saat kepemimpinan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Ellen menyatakan pihaknya tidak pernah menyangka dengan respon yang diberikan masyarakat Kampung Akuarium dan juga Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk program tersebut.

Menurut dia, masyarakat aktif dalam mengikuti pendidikan mengenai lingkungan dan pemberdayaan kewirausahaan. Dukungan semua pihak juga menyukseskan kegiatan festival tersebut.

Pada puncak festival itu anak-anak hingga orang tua menampilkan kemampuannya untuk menghibur pengunjung yang datang.

Festival sehari itu menghadirkan sejumlah gerai yang menampilkan permainan pendidikan lingkungan yang interaktif, pasar jajanan makanan kreasi ibu-ibu Kampung Akuarium yang dijual dengan harga terjangkau dan tidak menggunakan kemasan plastik. (Ant)

Lihat juga...