hut

Gandeng Perguruan Tinggi, Aceh Tingkatkan Kualitas SDM

Ilustrasi - DOK CDN

ACEH BESAR – Perguruan tinggi adalah mitra sukses Pemerintah Aceh dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Pemerintah daerah setempat membutuhkan keberadaan perguruan tinggi dalam upaya tersebut.

“Sebagai lembaga pendidikan, UIN Ar-Raniry sangat dibutuhkan Pemerintah Aceh untuk ikut serta berkontribusi membangun provinsi ini. Negara maju sekali-pun, juga bergandengan tangan dengan perguruan tinggi,” kata Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, di sela-sela menghadiri silaturahmi akbar alumni Universitas Islam Negeri Ar- Raniry dan civitas akademika UIN Ar-Raniry dalam rangka Milad UIN Ar-Raniry ke- 56 di Auditorium Ali Hasyimi, Banda Aceh.

Sebagai salah satu kampus jantung hati rakyat Aceh, sudah sepatutnya pemerintah daerah menggantungkan harapannya kepada perguruan tinggi. Sebagai lembaga pendidikan, karena perguruan tinggi akan mampu melahirkan putra dan putri daerah untuk menjadi SDM yang handal. Hal tersebut dibutuhkan, agar dapat mewujudkan cita-cita rakyat Aceh untuk membawa masa depan Aceh ke arah yang lebih maju dan sejahtera.

Menurut Nova, UIN Ar Raniry menitik beratkan keilmuan berbasis kesyariah. Keberadaanya, sejalan dengan program Pemerintah Aceh yang saat ini sedang digodok mengenai penerapan Lembaga Keuangan berbasis Syriah (LKS). “Pemerintah Aceh bersama dengan DPRA sudah menyepakati bahwa seluruh lembaga keuangan di Aceh harus sudah beralih ke LKS. Nantinya tidak hanya akan diterapkan pada perbankan saja, termasuk juga lembaga yang bergerak di bidang keuangan,” jelasnya.

Rektor UIN Ar Raniry, Prof Warul Walidin, mengatakan, siap membantu Pemerintah Aceh dalam program lembaga keuangan syariah dan bidang lainnya. Hal itu sebagai kontribusi UIN Ar Raniry ikut membangun Aceh. Sebagai pusat syariah perbankan dan ekonomi syariah di Aceh, UIN Ar- Raniry saat sudah berhasil meraih dua  predikat terbaik dalam bidang ekonomi syariah . (Ant)

Lihat juga...